Mumpung Lagi Promo Dunkin Donuts, Gunain Dah Itu Kartu Kredit BCA-nya

Assalamu’alaikum…

Tadi habis jalan-jalan ke blog temen, si Dian Hendrianto lagi bahas apa, tahu-tahu nyebutin donat. Ke blognya Reyhan Ismail, juga lagi menikmati Donat. Nggak, bukan donatnya, tapi mesesnya. Nggak juga, bukan mesesnya, tapi zat hasil dari sistem pembuangan cicak yang disangka meses. Entah kenapa dia mau nyemilin.
cekaja
1) Donat-donat

Howhaw #215: Punya Ekspektasi Tinggi Itu Hal Yang Wajar, Jangan Takut!

Assalamu’alaikum…

Kecewa muncul karena adanya ekspektasi, begitu kata orang-orang. Makanya, kita sering sekali diingatkan untuk nggak memasang ekspektasi apa-apa. Namun, apa iya kita bisa menghilangkan ekspektasi pada semua hal? Karena berdasarkan pengalaman sendiri, nggak ada satu pun yang akan dilakukan tanpa sebuah ekspektasi.
kecewa
1) Ekspektasi

Mencoba Fitur Traveloka Xperience yang Lagi Banyak Dibahas Teman Bloger

Assalamu’alaikum…

Sejak kecil, saya tinggalnya di daerah pedalaman Kalimantan Barat. Kalo melihat sekeliling, ya, yang ditemui berupa pegunungan, sungai, hutan dan kebun sawit. Nggak banyak hal-hal modern yang bisa ditemui. Hiburannya juga, ya, seperti orang desa pada umumnya. Kalo ada perayaan kebudayaan, konser dangdut pas pilkada, atau pasar malam, barulah kami merasa ada yang menarik di keseharian.
traveloka
1) Pasar Malam, hanya ini hiburan yang ada

Howhaw #214: Kenapa Berharap Pada Manusia Bikin Kecewa?

Assalamu’alaikum…

Apa kalian pernah merasa kecewa? Sudah berusaha mati-matian sekuat tenaga, tapi semuanya nggak ada hasilnya. Terasa sia-sia. Bagaimana rasanya? Menyakitkan tentunya. Bahkan rasa sakitnya bisa berlangsung sampai berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Belum lagi kalo kecewanya itu karena perbuatan orang lain.
kecewa
1) Kecewa itu artinya pas di-translate

Cerita Pendek: Diary Rumiang

“Ngapain sih di dunia ini ada acara santet-santet segala?”

Aku memulai obrolan kami malam ini di taman kota. Iya, tahu, pemilihan topik obrolannya nggak tepat. Namun, mau bagaimana lagi. Aku terlalu rikuh dengan situasi ini. Lalu tadi pagi sebelum berangkat, aku mendengar cerita tetangga yang katanya kena santet. Di perutnya ditemukan beberapa paku dan jarum.
cerpen
Menikmati malam di taman kota

Howhaw #213: Ribet dan Banyak Pilihan Merupakan Tanda Kemajuan

Assalamu’alaikum…

Meskipun masih terhitung sebagai negara berkembang, Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang. Namun, tentu saja kemajuan tersebut tak banyak dirasakan semua masyarakatnya. Ini disebabkan, selain tidak bisa meratanya kemajuan tersebut, juga karena permasalahan yang muncul bertambah banyak pula. Majunya sudah empat langkah, eh, masalah yang menyertainya juga ikutan bergerak tiga langkah. Hampir nggak kerasa kalo ada kemajuannya.
ribet
1) Pertanda Adanya Kemajuan

V-sika #31: Mengapa Warna Pakaian Jadi Lebih Gelap Saat Basah?

Assalamu’alaikum…

Saat berjalan kaki di siang hari yang sedang panas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat untuk menetralkan suhu tubuh. Keringat tersebut kemudian merembes pada pakaian dan membuatnya menjadi basah. Keadaan basah ini bisa diketahui saat kita menyentuhnya.
bias
1) Pakaian Basah

Howhaw #212: Kenapa Orang Beralasan "Kamu Berubah" Saat Akan Memutuskan Hubungan?

Assalamu’alaikum…

“Kamu berubah.”

“Memangnya aku pawer renjes?”

Siapa pun yang masih ngejokes begitu, enyahlah. Nggak lucu. Mungkin sudah beberapa kali mendengar atau merasakan sendiri, seseorang mulai memutuskan hubungan atau menjauh dengan alasan pasanganya sudah berubah. Tidak dijelaskan di sana apa perubahannya menjadi baik atau buruk. Setelah mengatakan, “Kamu berubah”, dengan nada marah atau suara parau pelan, dia akan memutuskan pergi atau mematikan teleponnya.

berubah
1) Yang penting nggak beruban.

Budaya Pernikahan Adat Melayu Di Singapura Seperti Apa?

Assalamu’alaikum…

“Kalo orang Melayu menikah di Singapura, masih pakai tata cara adat Melayu gitu nggak, sih?”

Begitu tanya saya pada teman SMP saya yang saat ini menetap di Singapura. Dia sendiri berasal dari etnis Tionghoa, tapi sebelumnya dia bercerita habis pulang dari acara nikahan teman kerjanya yang orang Melayu. Karena saya melihat Singapura sudah begitu maju dan bahasa nasionalnya pun menggunakan bahasa Inggris, saya cukup penasaran dengan budaya mereka ketika melangsungkan pernikahan. Masih mengikuti budaya seperti sebelumnya, atau sudah modern tanpa ada ritual khusus dalam perayaannya?


pegipegi

Howhaw #211: Kenapa Celaka Itu 12? Sedangkan I Love You Malah 3000?

Assalamu’alaikum…

Belakangan ini semakin sering terjadi perdebatan dan pergunjingan yang diakibatkan oleh sesuatu yang dianggap simbol. Mulai dari segitiga yang diartikan sebagai simbol penyembah illuminati dan dajjal, sampai sajadah yang dianggap sebagai simbol umat Islam dan gaboleh dipake main oleh anak kecil. Serta simbol “:)” yang tiba-tiba mendatangkan ketakutan dan perasaan nggak enak. Semuanya serba simbol.

simbol
1) Simbol satu mata

Ada yang "Bawa Kabur" laptop di Blogger Gathering with AMD

Assalamu’alaikum…

Selepas salat Jumat minggu lalu, saya langsung menuju halte busway terdekat, Grogol 2. Tujuan saya halte Taman Suropati dan lanjut jalan kaki ke restoran Spumante All Day Dining, Menteng Jakarta Pusat. Tentunya untuk menghadiri Blogger Gathering With AMD, dalam rangka menggali lebih dalam tentang prosesor AMD yang dua tahun terakhir ini makin menarik perhatian pengguna komputer.

Sudah melangkah cepat-cepat, tapi masih saja tidak tiba tepat waktu. Sesaat memasuki pintu gate halte, busway koridor 4A yang menuju TU GAS itu langsung berangkat. Kudu nunggu lebih dari setengah jam lagi kalo mau naik bus dengan kode jurusan yang sama. Bisa telat.

amd
1) Ketinggalan bus

ASUS Vivobook Ultra A412DA Bertenaga AMD Ryzen 5, Laptop Berkualitas Berdasarkan Prinsip Vitruvius

Assalamu’alaikum…

Bulan Agustus kemarin, kita merayakan hari kemerdekaan negara kita dengan berbagai perlombaan. Ada panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, balap kelereng, sepeda hias, dan lain sebagainya. Saya dan teman saya menyempatkan untuk menyaksikan perlombaan tersebut sesaat setelah menyurvei berbagai laptop yang akan dibeli oleh teman saya.

amd ryzen

V-sika #30: Apa Yang Dimaksud Dengan Hubungan Arus Pendek Saat Terjadi Kebakaran?

Assalamu’alaikum…

Beberapa minggu ini di wilayah Jakarta selalu terjadi kebakaran. Melalui akun yang mengunggah informasi bencana Jakarta, sekitar 10 hari berturut-turut kebakaran itu terjadi. Dalam sehari, bahkan pernah terjadi 3 kali kebakaran. Saat diberitakan, rata-rata penyebabnya karena terjadi hubungan arus pendek. Apa maksudnya hal tersebut?

kebakaran
1) Kebakaran

Howhaw #210: Mencintailah Seperti Perokok

Assalamu’alaikum…

Rokok merupakan lintingan tembakau dengan kertas yang dinikmati dengan cara dihisap setelah ujungnya dibakar. Saya memang belom pernah merokok, atau lebih tepatnya tidak sampai menikmati candunya merokok. Sebab, semasa kecil, waktu pertama kali mendapat kesempatan mencoba rokok, saya malah dapat pecutan setelah dilaporkan teman. Pecut (cambuk) beneran yang biasa dipake buat mecut kuda atau sapi itu.

rokok
1) Merokok

Howhaw #209: Keadaan Kosong Yang Membuat Kesal Sekaligus Bahagia

Assalamu’alaikum…

Barusan saya terngiang lagu Kosongnya Dewa 19 yang entah kenapa bikin ngerasa lagi dalam keadaan tersebut. Tubuhnya di sini, jiwanya entah di mana. Walo sudah pergi ke pasar yang ramai biar nggak perlu mecahin gelas, tetap saja merasa sepi. Sendiri memikirkan kamu lah pokoknya. Sepulangnya dari pasar, saya melewati rumah yang tak terurus. Rumah kosong dong itu. Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran.

kosong
1) Kosong

Fiksi Kilat: Harapan Setiap Bapak

memfiksikan

“Bagaimana menurutmu tentang keperawanan, Nak?”

Minggu malam ini, setelah makan malam yang biasa di rumah, aku bertanya pada anak gadisku tentang kesucian yang dimiliki oleh seorang perempuan. Hal ini menurutku sangat penting dan perlu selalu diingatkan. Karena di masa kemajuan teknologi dan kebebasan mengakses informasi ini, para remaja semakin menyepelekan kesucian dirinya dengan dalih menjadi manusia bebas dan open minded.

Howhaw #208: Langkah Agar Menjadi Biasa, Lebih Sulit Dari Jadi Istimewa

Eh… apa lebih enak judulnya “menjadikan semuanya terbiasa”, ya? Terserahlah, ya, pokoknya, assalamu’alaikum…

Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh kemarin, serta ditambah merayakan hari raya lebaran, hari-hari selanjutnya akan menjadi biasa lagi. Orang-orang mulai mengeluhkan kegiatan harian setelahnya yang melelahkan seperti biasa. Padahal sebelumnya, kan, kegiatan hariannya itu sudah menjadi kebiasaan. Dan yang namanya kebiasaan atau hal yang biasa, biasanya, akan lebih mudah dijalani, iya, nggak, sih?


biasa
1) Kayak gitu biasa, saya gimana...

Howhaw #207: Efek Plasebo Dalam Hubungan

Assalamu’alaikum…

Di kampung saya, saat orang lagi sakit dan berobat ke dokter, mereka selalu minta disuntik. Jika hanya diberikan obat, mereka merasa sakitnya akan lebih lama. Uniknya, hal tersebut beneran berpengaruh. Orang yang sakit dan diberikan pengobatan dengan suntikan, keesokannya langsung baikan malah ada yang langsung sembuh. Padahal, suntikan yang diberikan oleh dokter hanyalah berupa vitamin. Nggak ngaruh banyak ke sakitnya.

plasebo
1) Kepala yang sakit kok lengan yang disuntik, hidup ini gak adil

Qlue Berkolaborasi dengan Nvidia, Indonesia Smart Nation Bisa Terwujud Lebih Cepat

Assalamu’alaikum…

Waktu semester 5 perkuliahan arsitektur, ada mata kuliah yang namanya Arsitektur Kota. Salah satu yang dipelajari di dalamnya adalah tentang sirkulasi perkotaan. Bagaimana sirkulasi yang seharusnya dimiliki oleh suatu kota berdasarkan fungsinya, seperti wilayah pendidikan, perdagangan dan industri.

qlue
1) Pemandangan kota

Howhaw #206: Benarkah Kita Harus Mandi Setelah Melayat?

Assalamu’alaikum…

Kembali lagi kita mengulas tentang mitos. Mungkin bagi beberapa orang, membahas mitos atau hal mistis merupakan kesia-siaan. Memelihara kebodohan, karena mitos dianggap sebagai petuah yang nggak berdasar. Orang-orang di zaman dulu dianggap asal sebut saja untuk mengatasi suatu permasalahan. Ditambah lagi, kemajuan teknologi sekarang sudah sangat pesat. Masa harus percaya dengan hal-hal yang nggak jelas.
melayat
1) Logika Mitos

Howhaw #205: Pendek Itu Keistimewaan

Assalamu’alaikum…

Pertengahan bulan kemarin, saya ikutan melakukan perjalanan pendek ke puncak gunung Gede Pangrango. Dua hari satu malam, doang waktunya, udah lengkap ama naiknya, turunnya, istirahatnya, poto-potonya, keujanannya dan antrenya. Gela, walo udah di wilayah pegunungan, nggak ada kendaraan, nggak ada ATM, nggak ada pom bensinnya juga, masih aja ngantre. Jadinya, kami hanya bisa melangkah pendek-pendek.

pendek
1) Jalan bertangga jalur cibodas

Howhaw #204: Bisakah Negara Bergantung Pada Pembangkit Listrik Tenaga Bacot Netizen?

Assalamu’alaikum…

Listrik merupakan hasil penemuan manusia yang memiliki dampak sangat besar bagi kemajuan umat manusia. Perkembangan teknologi semakin pesat karenanya. Disandingkan dengan penemuan bola lampu, manusia jadi lebih memiliki banyak waktu untuk lebih produktif. Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Hampir semua benda yang mendukung kegiatan kita beraktivitas sehari-hari memerlukan listrik.

bacot
1) Ada listrik, nggak ada colokan ya buat apa?

Howhaw #203: PDKT Nggak Boleh Bertele-tele

Assalamu’alaikum…

Dulu saat masih SMA, saya punya teman yang sangat menggemari J-rocks. Hampir tiap jam kosong di kelas atau waktu istirahat saat itu, dia selalu menyanyikan atau mendengarkan lagu-lagu J-rocks. Saya yang awalnya hanya tahu lagu J-rocks yang judulnya “Ceria”, lama-lama jadi ketularan suka dengan lagu-lagu J-rocks lainnya.

Saat ngehafalin lirik lagu-lagu J-rocks tersebut, saya beberapa kali menanyakan makna dari tiap liriknya. Punya lagu kesukaan udah kayak punya pelajaran favorit. Kudu paham betul biar kalo ada orang yang nanya kenapa suka, bisa dijawab dengan jawaban yang dramatis atau filosofis.

pdkt
1) Wali sebelum dapat hidayah

V-sika #29: Meramal Cuaca Dengan Bantuan Lutut Nenek

Assalamu’alaikum…

Nenek, merupakan sosok yang paling penting dalam tatanan peran di dunia. Dibandingkan dengan kakek, paman, bibi, ayah maupun ibu, sosok nenek jauh lebih mudah diimajinasikan. Sehingga nenek lebih sering dipakai untuk menceritakan karakter khusus dalam cerita. Misalnya mau menceritakan liburan yang menyenangkan, damai dan ramah, maka mengambil tema “liburan ke rumah nenek” sudah bisa menunjukkan semuanya tanpa perlu mendeskripsikan secara detil setiap kegiatan di sana.

nenek
1) Nenekku pahlawanku

Diajak Makin Smart oleh Qlue dan Kemkominfo Melalui Smart Citizen Day 2019

Assalamu’alaikum…

Kamis kemarin, 28 Maret 2019, saya ikutan acara Smart Citizen Day 2019 di The Tribrata, Grand Opus Ballroom, Jakarta. Acara tersebut merupakan hasil sinergi dari Qlue dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan tujuan untuk mempercepat perubahan positif menuju “Indonesia Smart Nation”. Karena ini merupakan pertama kalinya, maka “deklarasi” menjadi poin utama yang penting sebagai penegasan bahwa masyarakat sudah siap untuk mewujudkan tujuan tersebut.

qlue
1) Deklarasi Smart Citizen oleh 34 pemuda terpilih dari tiap provinsi

7 Tips Nyaman Terbang Jarak Jauh Bersama Garuda Indonesia

Assalamu’alaikum…

Perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat merupakan pilihan transportasi favorit para traveler. Tidak terlalu lama menghabiskan waktu di perjalanan itu sangat menguntungkan dalam hal menikmati tempat tujuan. Selain itu, akses penerbangan menggunakan transportasi udara ini pun mampu menjangkau destinasi pelosok di seluruh dunia.

shopback
(sumber gambar: garuda-indonesia.com)

Howhaw #202: Hal Basic Kok Jadi Idaman, Sih?

Assalamu’alaikum…

Basic, hal-hal dasar, standar, atau sesuatu yang sewajarnya. Beberapa hari ini time line media sosial saya banyak yang berkomentar tentang hal tersebut. “Basic. Ngapain menilai sesuatu dengan hal yang udah sewajarnya.” Saat itu mereka sedang membahas tentang lelaki yang memberikan tempat duduk kepada orang yang lebih tua saat di dalam transportasi umum.


basic
1) Yang usianya masih lanjut, boleh duduk kok

Fiksi Kilat: Mirip Papa


papa

“Papa itu orangnya tegas. Tatapannya saja bisa bikin orang-orang tunduk. Entah patuh, entah takut. Pokoknya orang nggak berani ngelawan.”

Aku menceritakan tentang papaku kepada Erna, kekasihku. Hari ini aku mengajak Erna main ke rumahku setelah beberapa bulan kami berpacaran. Erna saat ini masih terlihat takut dan ragu-ragu. Ya, seperti orang-orang pada umumnya yang penuh kekhawatiran saat diajak ketemuan dengan orang tua pasangannya untuk pertama kali. Aku langsung memeluknya dari belakang dan memberi kalimat yang menenangkan. Lalu kami berangkat naik mobil.

Howhaw #201: Kenapa Manusia Sangat Suka Menghujat Orang Lain?

Assalamu’alaikum…

Keseharian di media sosial saat ini sungguh mengkhawatirkan, terlebih karena menjelang pemilihan presiden Republik Indonesia. Sangat gampang mengeluarkan kata dan kalimat yang mengandung hujatan terhadap orang lain. Tidak menemukan kesalahan dalam balasan orang yang dihujatnya, dicari di tab “likes”-nya, kali-kali ada video “pemersatu”. 

hujat
1) Gampang menghujat

Howhaw #200: Ayo Berpikir Yang Aneh-Aneh

Assalamu’alaikum…

Program AI memang harus disempurnakan dulu sebelum robot diproduksi masal. AI itu semacam otak bagi robot, fungsinya untuk berpikir. Kalo robotnya gak punya program AI, pikiran robotnya bisa kosong. Kalo pikiran robotnya kosong, khawatir akan mengalami kesurupan. Kan, bahaya kalo robotnya minta kopi pahit. Bisa konslet. Rusak. Rugi besar.

Namun, untuk apa saya memikirkan hal aneh begitu? Kagak jelas. Mungkin ini akibat sakit leher tadi pagi. Bangun-bangun leher udah terasa ngilu. Kata embah saya, itu sakitnya karena salah bantal. Embah bilang, bantalnya harus dijemur dulu sambil sesekali dipukul. Saya bilang, saya tidurnya nggak pakai bantal. Berarti salah kasurnya, harus dijemur itu kasur dan sesekali dipukul-pukulin.

aneh
1) Berpikir aneh-aneh terus

Fiksi Kilat: Jejak Sepatu

fiksingkat


“Tuh liat! Jejak sepatuku gambarnya bintang.”

“Punyaku bentuknya gambar bola, lebih keren.”

“Bagusan punya aku, ada logo tulisan Nike-nya. Jelas mahalnya.”