Hadapi Situasi Mendadak dengan ASUS E202, Laptop Mungil yang Tangguh

asus e202


Assalamu’alaikum…

Mendadak atau dadakan merupakan suatu kondisi yang muncul tanpa diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut akan menjadikan orang yang mengalaminya bertindak buru-buru. Seperti mendadak mau imsak. Mau tidak mau, harus mempercepat atau buru-buru bersantap sahur. Bisa saja melewatkan sahur malam itu, tapi tindakan pasrah seperti itu tidak baik untuk dibiasakan.

Mungkin sudah menjadi bawaan hidup atau sudah ditakdirkan, saya sering sekali dihadapkan dengan keadaan mendadak. Misalnya, harus menjadi tukang angkut air dadakan karena mesin air tidak jalan. Waktu sekolah, pernah mendadak dijadikan pemimpin upacara sampai diledekin karena salah memberi aba-aba. Mendadak harus pulang kampung karena di rumah sedang mengalami musibah dan motor yang mendadak mogok ketika perjalanan pulang tersebut.

Dalam kegiatan blogging, saya belom termasuk sebagai blogger sejati atau blogger yang konsisten menerbitkan artikel tiap minggunya. Saya masih menjadi blogger yang dadakan. Kapan ide datang, saat itu juga langsung saya eksekusi dan langsung dipublikasi karena tidak terbiasa mengendapkannya dalam draft. Masalahnya, kuota internet yang mendadak habis menjadi kendala yang menyebabkan gagal publikasi. Atau yang paling parah, laptopnya mendadak mati.

Dalam dunia pekerjaan maupun perkuliahan, kejadian mendadak juga tak pernah luput menghampiri. Tugas kuliah dadakan yang harus segera dikumpulkan, atasan memberikan kerjaan mendadak yang harus segera diselesaikan dan teman kantor yang mendadak minta di-handle­ kerjaannya karena dia sedang pulang kampung. Wah, itu saya sepertinya yang minta bantu karena orang rumah sedang dapat musibah.

Saking seringnya bertemu keadaan mendadak, saya sempat berpikir, “Apa saya lahirnya juga mendadak tanpa direncanakan, ya?” Tapi pikiran tersebut mendadak saya buang jauh-jauh, karena orangtua saya ikut program KB. Dua anak lebih, baik. Karena kami tiga bersaudara.

Memang, situasi yang mendadak biasanya menyebabkan kita harus terburu-buru, bahkan menguras pikiran dan tenaga. Namun, bukan berarti keadaan tersebut membuat kita pasrah begitu saja. Harus ada usaha untuk menyiasatinya. Misalnya dalam mendapati keadaan orang rumah yang mengalami musibah, padahal kita sedang jauh, paling tidak kita minta bantu tetangga atau orang yang lebih dekat untuk mengurusnya. Begitu pun dalam pekerjaan, ada teman kantor yang sanggup menggantikan. Dan dalam tugas perkuliahan, ada mahasiswa pintar yang bisa dijadikan sarana contekan. Bukan, maksudnya masih ada waktu untuk mengerjakan.

Karena sering mengalami hal mendadak itulah, saya harus menyiasati atau mengantisipasinya sedari awal. Dalam memilih produk, saya sudah menetapkan sebuah kriteria “Bisa Diandalkan Dalam Situasi Mendadak”. Memilih tas harus yang memiliki parasut anti hujan. Memilih tempat makan, harus yang tidak membuat dompet kempes mendadak. Dan kalau memilih sandal harus yang kuat, siapa tahu nanti harus mendadak lari kencang di pasar, karena dikejar dan diteriaki ama orang-orang.

Termasuk dalam memilih laptop pengganti yang mati mendadak sebelumnya. Harus yang kuat dan sanggup menghadapi situasi mendadak. Nggak boleh asal pasrah dalam memilih laptop, karena pasrah tanpa berusaha terlebih dulu itu nggak baik.

ASUS E202 sanggup memenuhi keadaan mendadak tersebut
ASUS tidak hanya memanjakan pengguna yang fokus pada dunia games atau desainer profesional saja, kali ini ASUS juga membuat terobosan lagi untuk memberikan kenyamanan yang sama bagi kalangan pelajar, mahasiswa maupun pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Melalui ASUS E202, pengguna tersebut akan semakin dimanjakan.

Ketika laptop lama mendadak rusak dan persediaan budget juga mendadak menipis, kita masih bisa memperoleh laptop/netbook baru yang mumpuni. Dengan kisaran harga Rp3000K saja, laptop mungil yang memiliki performa tinggi ini bisa kita dapatkan tanpa membuat dompet kempes mendadak.

asus e202

Dibekali dengan Windows 10, yang merupakan OS terbaru dan memiliki kecepatan tinggi dalam proses pengoperasiannya (termasuk proses saat dinyalakan), membuat ASUS E202 ini sangat berguna dalam keadaan yang mendadak. Seperti ketika harus pulang dan laptop sudah dimatikan, tapi ada berkas yang harus di­-copy, dengan kecepatan proses saat dinyalakan dan kecepatan proses peng-copy-annya, situasi mendadak tersebut bisa dilewati dengan mudah. ASUS E202 juga hadir dengan pilihan DOS agar pengguna bisa memilih OS yang sesuai. 

Atau ketika meng-copy harus men-download berkas lainnya? Tenang saja, ASUS E202 dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan tiga kali lipat dibandingkan dengan seri 802.11n. Hal tersebut membuat proses streaming, browsing atau downloading semakin cepat.

Mendadak harus ketemu klien di luar? Santai
Sebagai pengguna yang juga bekerja secara freelance, seringkali klien meminta pertemuan mendadak. Dalam pertemuan tersebut, biasanya akan dilakukan review terhadap produk desain yang dikerjakan. Hal itu mengharuskan laptop yang digunakan sebagai sarana review tersebut harus memiliki kapasitas baterai yang besar. Jika tidak, pembahasan mengenai produk desainnya akan berakhir di tengah jalan. Terlebih jika di tempat pertemuannya tidak terdapat colokan atau lupa membawa charger.

asus e202

Namun, dengan hadirnya ASUS E202 ini, masalah mendadak seperti itu tak perlu jadi beban pikiran lagi. Cukup pikirannya terbebani dengan revisi desain. Dipersenjatai Intel Celeron generasi kelima (Braswell) Dual-Core N3050 yang hemat daya menjadikan ASUS E202 pilihan tepat mengatasi keadaan mendadak yang mengharuskan laptop digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan bisa sampai 8 jam meskipun sambil mengakses internet.

asus e202
Bagaimana bisa sebegitu hematnya? Braswell memiliki komputasi tenaga tinggi yang hemat energi. Memiliki Clockspeed hingga 2,16 GHz dan hanya menguras daya 6 watt. Sehingga penggunaan daya baterai tidak begitu besar. Makanya baterainya bisa tahan lama banget.

Ditambah dengan Port USB 3.1 Type-C, yang dapat dicolok dari berbagai arah dengan colokan reversible, dan memungkinkan pengisian yang lebih cepat. Bahkan hingga 11x lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0. Berdasarkan pengalaman menggunakan laptop ASUS, terdapat program bawaan ASUS yaitu USB Charger Plus. Program tersebut bisa membantu pengisian daya lebih cepat. Dan jika dikombinasikan dengan port USB 3.1 Type-C, kecepatan pengisian daya apalagi yang perlu kita lirik? Mendadak ketemu klien tapi laptop mati? Charge dan ditinggal mandi saja, setelah selesai mandi dan akan berangkat, ASUS E202 sudah bisa digunakan kembali di luar dalam waktu cukup lama.

Mendadak lampu mati ketika lagi nonton? Tenang
Setelah ketemu klien dan ternyata terdapat banyak sekali revisi yang harus dikerjakan, biasanya saya akan memilih menenangkan pikiran terlebih dulu dengan menonton film di laptop. Soal ketahanan baterai, ASUS E202 tidak perlu diragukan lagi, tak perlu direpotkan dengan terburu-buru di-charge saat filmnya sedang klimaks-klimaksnya. Namun, bagaimana ketika nonton di malam hari dan mati lampu? Bukankah nonton saat gelap itu tidak baik bagi mata?

asus e202

ASUS E202 dibekali dengan teknologi Asus Splendid dengan sistem vivid. Bisa menyesuaikan warna secara otomatis dengan display setting optimal untuk semua gambar, sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih kaya, lebih dalam, dan tampilan yang luar biasa saat menikmati video. Dalam pengaturannya, juga terdapat mode Eye Care yang ramah terhadap mata. tidak akan membuat mata terkena radiasi layar ketika dalam keadaan yang kurang pencahayaan.

Mendadak ketemu dan harus menemani gebetan? Kuy lah
Penampilan. Menjadi poin penting dalam menarik perhatian seseorang. Orangnya sudah tampil keren, tentunya lebih afdol kalo gadget/perangkat yang digunakan juga mendukung kekerenan tersebut, kan? Biar gebetan makin tertarik. ASUS E202 tampil dengan empat pilhan warna yang ekspresif. Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Red Rouge. Sesuaikan style favoritmu atau style-nya gebetan. Kali aja entar dia mau minjem, lumayan jadi penyambung sepik-an.

asus e202

Ketika gebetan tertarik dan ngajak jalan, nggak perlu repot-repot nitipin laptop dan ngerasa terbebani juga. ASUS E202 didesain untuk selalu siap dibawa ke mana pun dan kapan pun. Meskipun kuat, laptop ini hanya memiliki bobot 1,21kg dan dengan dimensi 193 x 297 x 214 mm. Hampir seukuran kertas A4. Jadi, tak perlu repot mencari tempat menyimpan yang besar atau membawanya saat mendadak harus bepergian.

Mendadak berada di situasi yang harus tenang, tapi mesti ada yang diselesaikan? Bisa
Saya pernah mengalami suatu keadaan, di mana harus tenang karena terdapat presentasi. Namun, karena ada pekerjaan yang belum selesai, mau tidak mau saya harus sembunyi-sembunyi sambil curi-curi kesempatan mengerjakan di kala mendengarkan presentasi tersebut. Alangkah tidak enaknya ketika mengerjakan, semua tatapan menuju pada saya karena teriakan kipas laptop yang saya gunakan begitu keras.

Di lain waktu, saya sedang mempresentasikan suatu desain, ketika presentasi telah selesai dan saya mempersilakan pada peserta yang hadir untuk bertanya, suara kipas laptop yang saya gunakan untuk presentasi malah mencuri kesempatan peserta. Seolah laptop saya ikut-ikutan mau membantai apa yang saya presentasikan.  “Ngungngg… nguugggg… nguuunnggg.”

asus e202

Namun, ASUS E202 ini hadir dengan inovasi Fanless design, sehingga laptop mungil ini tidak berisik ketika digunakan. Dibawa mengerjakan tugas di perpustakaan juga gak perlu khawatir ada yang keganggu. Atau mau dibiarkan semalam karena harus men-download juga bisa, nggak bakal mengganggu kenyaman tidur.

Meskipun nggak ada suara kipas yang berisik, bukan berarti secara kualitas audionya juga nggak kedengeran. ASUS E202 ini justru memiliki kualitas audio yang terbaik. Speaker yang menghadap ke depan membuat suara dari laptop mungil ini sungguh mengagumkan. Belum lagi teknologi Asus Sonic Master, kolaborasi dengan Asus Golden Ear Team, yang menciptakan suara lebih jernih dan lebih dalam walau dengan volume maksimum.

asus e202

Dengan kemampuannya mengatasi berbagai keadaan mendadak di atas, ASUS E202 bisa dijadikan kandidat utama dalam memilih laptop yang handal digunakan dalam berbagai situasi, terlebih dalam keadaan mendadak. Dari itu, semoga saja takdir yang selalu mendadak juga bisa mendatangkan kebaikan. Karena hal mendadak tidak melulu soal kesedihan, kan? Siapa tahu bisa mendadak dapat laptop ASUS E202 tersebut dan menjadikan diri makin tangguh menghadapi situasi yang mendadak.


Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com



Sumber Referensi dan Gambar:
Asus Indonesia (asus.com/id)
Gambar terlampir dalam lomba blog ASUS E202 uniekkaswarganti.com

Previous
Next Post »

26 comments

Click here for comments
22 June 2017 at 20:29 ×

Mendadak aku jadi pengen ASUS E202 yang warna biru muda itu

Reply
avatar
Puput
admin
23 June 2017 at 09:49 ×

Waw harga 3jt an, fanless design dan warna trendi.. Bener banget, cocok ma anak kuliahan ini...

Reply
avatar
23 June 2017 at 10:03 ×

Terima kasih ya sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck.

Reply
avatar
Wisnu Tri
admin
23 June 2017 at 11:37 ×

mendadak saya juga ikutan lomba blog ini. mendadak saya kaget pas tau yg ikutan ada 260an orang :D

keren dah, nulis ngga pakai di draft dulu *angkat topi* kalau saya mah ngga bisa. pol-pol;an dapet beberapa paragraf terus buntu. habis itu di save dulu. 2 hari setelahnya baru kalau ada ide, nulis lagi haha.

Reply
avatar
23 June 2017 at 12:14 ×

Kalimat pembuka di postingan ini bikin aku langsung kepikiran film Mendadak Dangdut. Aneh banget. -___-

Kampret bener sih, Haw. Segala ada istilah dua anak lebih, baik. Hahahahaha. Leh uga itu kalimatnya. Orangtuaku juga begitu. Kami empat bersaudara~

ASUS memang mantap shol. Segala yang dadakan emang nggak bikin nyaman karena dihadapi tanpa persiapan. Tapi masih bisa dihadapi dengan usaha. Dan salah satunya usahanya dengan punya laptop ASUS E202.

Btw good luck ya buat lombanya, Haw!

Reply
avatar
24 June 2017 at 02:33 ×

Sering telat tau info-info lomba begini. Hadeh. Nggak bisa jadi calon pemenang, kan. Wqwq.

Gue juga dadakan, kok, sebagai bloger. Sialnya, dadakannya itu sering datang seminggu sekali. Jadi seolah-olah gue profesional. Halah. :|

Keren juga ya itu bisa menyesuaikan warnanya. Mungkin bisa juga membuat hidup penggunanya jadi lebih berwarna. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:49 ×

Kalo saya yang warna apa aja, Mbak, asal dikasih, mah. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:51 ×

Iya, speknya cocok untuk remaja gaul yang mobilitasnya tinggi.

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:51 ×

Iya, mbak. sukses terus kerja samanya yaa..

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:53 ×

Apaan. ampe 298 apa kalo gak salah.. rame bet. hadiahnya banyak soalnya. ditambah lagi syaratnya gak ribet. moga aja ada nama kita yg jadi penerima yak... xD

bukan keren, karena kalo stack, mau gamau harus duduk lebih lama, dan itu menyita waktu banget. sempet mau membiasakan ngedraft dulu dan posting dischedule, tapi gak tenang.

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:54 ×

Mendadak dangdut mau kumasukin padahal, tapi lupaaaaa... xD

berarti oragtua benar2 menjalankan program KB~

hahaha... iya, makasih, Chaa... :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
25 June 2017 at 02:57 ×

aku taunya karena di dasbor ada yg posting tentang lombanya, Yog, bikinnya sore di hari deadline..

itu bisa dibilang dadakan yang nggak dadakan dadakan amat.

kalo dikasi, hidup jadi berwarna bakal kewujud skaing senengnya~ :-d

Reply
avatar
25 June 2017 at 15:03 ×

produk asus emang keren nih, desain minimalis kualitas maximalis harganya juga ekonomis

Reply
avatar
25 June 2017 at 23:02 ×

Asus E202 memang keren, spesifikasi lengkap, warna mempesona dan harga pas di dompet. Kalau saya senang banget sama warna putih, kece abis.... semoga kita dapat satu2 ya...

Reply
avatar
How Haw
admin
26 June 2017 at 01:27 ×

iya, palagi tempat service nya banyak. merata di Indonesia. xD

Reply
avatar
How Haw
admin
26 June 2017 at 01:30 ×

Iya, Mbak. soal kualitas, asus emang patut dikasi jempol, padahal harganya nggak begitu mahal. saya warna apa aja mau, mbak. keren gitu. :-d

Reply
avatar
Ali Muakhir
admin
28 June 2017 at 23:46 ×

Asyik ya kayaknya pakai ASUS E202

Reply
avatar
How Haw
admin
29 June 2017 at 00:43 ×

Kalo untuk ngerjain di mana-mana, asyik sih. nggak berat maupun besar. palagi tahan ampe berjam-jam gitu.

Reply
avatar
3 July 2017 at 06:40 ×

Keren reviewny lengkap banget gan, mampir ya ke blog q. salam kenal juga gan.

Reply
avatar
Hawadis
admin
4 July 2017 at 04:25 ×

Punya agan reviewnya juga lengkap, mana penyajiannya keren. kayak liat situs asusnya langsung. :-d

Reply
avatar
5 July 2017 at 08:33 ×

How aku ngincernya asus transformer, tapiiiiiii harganya mending buat lunasin cicilan rumah wkkkk

Apa dialokasiin ke tipe asus yang ini aja yaaa

Reply
avatar
Hawadis
admin
6 July 2017 at 06:07 ×

Kalo keinginan terbesarku mah asus seri ROG mbak. :D tapi karena belom mampu, yang kecil2 aja dulu dijajal..

mbak ngincer yg seri transformer buat apa dulu, kalo cuma ngiler bisa dijadiin tablet, ya beli tabletnya aja mending. tapi kalo ada spesifikasi lain yg gabisa ditemuin di seri itu, ya silakan.

Reply
avatar
Andi Nugraha
admin
10 July 2017 at 10:49 ×

Beberapa kali pake asus punya teman nyaman juga. Aku paling suka warna yang putih n biru mas. Serasa kalau dibawa untuk nongkrong keren gitu..hehe

Makin kesini makin ciamik aja nih asus, makin keren.
Paling mudah akau ada apa2, cari tempat servicenya banyak..

Reply
avatar
Hawadis
admin
10 July 2017 at 20:49 ×

IYah... dulus empet ngiri ama asus temen karena kok nggak ada kendala gitu dia mainnya. padahal speknya udah sama. :D pas udah punya asus sendiri, baru deh tau walo speknya sama, tapi ada kelebihannya sendiri.

Reply
avatar
11 July 2017 at 01:03 ×

Mendadak pengen komen disini. Entah kenapa juga bisa mendadak....

Apapun profesinya, notebook Asus E202 sangat cocok untuk menunjang aktivitas ya... Good luck buat lombanya. Eh BTW saya juga ikutan loh, kuylah kepoin blog ndeso saya

Reply
avatar
Hawadis
admin
11 July 2017 at 21:26 ×

Namanya mendadak, ya nggak disangka, Mas. :D

Meluncur.. moga aja dapet kebagian itu hadiahnya kita yak...

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon