How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

V-sika #19: Apanya yang Mati pada Laut Mati?

Respons: 26 comments
Assalamu’alaikum…

Saat ini, hampir semua orang berusaha untuk menjadi orang yang humoris. Latar belakang usaha mereka tersebut pun bermacam-macam. Ada yang untuk mencari uang, menyembunyikan perasaan sedih mendalam, dan ada juga yang untuk menggaet gebetan. Katanya kan, pria humoris itu merupakan idaman perempuan.

Mungkin lagi berusaha untuk menjadi pria yang humoris, kemarin di kantin kampus ada yang berbicara lantang, “Kalian tau laut mati?” yang lain ngangguk, dia lanjut berbicara dengan intonasi sombong, “Itu aku yang ngebunuhnya.” Ehe he he heh. 

-_- Ya Alloh itu recehan zaman kapaaaaaaaaaaannnnnn?

Dulu, saat pertama kali mendengar kata “Laut Mati”, langsung timbul pertanyaan di benak, “Apanya yang mati?”.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada fakta unik mengenai kata mati. Banyak orang yang tidak menyukai kata tersebut karena pengalamannya bertemu dengan kata mati selalu menimbulkan hal yang menjengkelkan dan menyedihkan. Hapenya mati, mesinnya mati, listriknya mati, dan ikannya mati misalnya. Padahal, kata mati merupakan kata yang luar biasa. Hal yang dikaitkan dengan kata mati (secara permanen) biasanya merupakan hal yang menjadi kehebatan yang ada di dunia.

Berani Mati
Seringkali menjadi tauladan bagi orang-orang atau prajurit. Pasukan yang berani mati adalah pasukan yang apapun rintangan dan bahayanya, mereka siap mengorbankan nyawa demi membela sesuatu yang diyakininya. Para pahlawan juga menjadi bagian dari orang yang berani mati. Dan kita semua tahu, pahlawan merupakan orang yang luar biasa.

Takut Mati
Kalo kalian pikir yang mengangkat nama pahlawan sebenarnya adalah kata “berani”-nya, kalian salah. Karena kata “takut” yang ditambahi mati juga merupakan hal yang luar biasa. Kata ustaz saya yang menyadur hadis, “Orang yang paling pintar di dunia ini adalah orang yang takut mati. Karena dengan begitu, dia akan menyiapkan bekal sebanyak mungkin untuk kehidupan setelah mati. Itu.”

Laut Mati
Nah, sekarang kita kembali ke laut mati. Laut itu hal yang biasa, tapi dengan tambahan kata mati, laut tersebut menjadi luar biasa. Berdasarkan ensiklopedi dunia, Laut Mati terletak di antara negara Yordania dan Israel/Palestina. Air pada Laut Mati memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Massa jenis air pada Laut Mati mencapai 1,24 kg/L, sedangkan air murni biasa massa jenisnya hanya 1 Kg/L. dengan massa jenis setinggi itu, Laut Mati bisa membuat orang yang tidak bisa berenang langsung tahu berenang tanpa perlu menggerakkan kaki atau tangannya. Luar biasa, kan?

howhaw
Laut Mati
Tingginya kadar garam pada Laut Mati menjadikan tempat tersebut tidak mendukung ekosistem perairan yang sehat. Oleh sebab itu, tidak ada kehidupan biota air yang dapat kita temukan di sana. Karena itulah, tempat ini disebut sebagai Laut Mati.
****

“Terus, Bang, kalo Cinta Mati apanya yang mati?”

Kalo menurut mbak Mulan Jameela, cinta mati merupakan cinta yang harus dijaga sampai mati. Jangan sampai ke lain hati. Nanti jadinya patah hati. Hati-hati menjaga hati. Mata hati~

Cinta mati diartikan sebagai cinta sampai mati, yang maksudnya adalah orang yang cinta mati pada seseorang, dia tidak akan mencintai orang lain lagi hingga ajalnya tiba. Misal Paimin cinta mati sama Sarina, maka Paimin nggak akan cinta pada wanita lain lagi hingga Paiminnya meninggal. Nggak tahu deh kalo Sarinanya yang meninggal duluan.

Cinta mati juga dianggap sebagai tingkatan cinta yang tertinggi, karena akan menjadi cinta satu-satunya sampai mati. Tapi kalo memang begitu, mestinya kan nggak bakal ada Cinta Mati II dan Cinta Mati III, kan? Tapi itu di lagunya Mulan Jameela ada. Berarti bukan satu-satunya, kan, ya?

Orang yang cinta mati biasanya memiliki pola dalam kegiatan mencintanya. Dia akan merayakan semacam anniversary. Perayaan tujuh hari jadian, dua puluh lima hari jadian, seratus hari jadian, setahun jadian dan seribu hari jadian. Sepertinya juga pake tahlilan.

Namun, karena diikuti kata mati, cinta seperti itu juga merupakan cinta yang luar biasa. Sama seperti laut mati yang tidak ada kehidupan di dalamnya, orang yang cinta mati juga tidak membiarkan ada orang lain yang memasuki cintanya. Saat ada yang mencoba masuk ke laut mati, seketika itu juga air laut mengapungkannya. Pada cinta mati pun begitu, saat ada orang lain yang mencoba masuk ke hatinya, seketika itu juga dia menolaknya. Makanya keindahannya tetap terjaga. 

howhaw
Walau Mati, Tapi keindahannya bikin hidup
Seperti Laut Mati, meski tidak ada kehidupan di dalamnya, tapi di sana terdapat keindahan dan kejernihan yang luar biasa. Pada cinta mati pun begitu, di sana juga terdapat kesetiaan yang luar biasa. Hanya saja, jika nanti ada seseorang yang mengatakan cinta mati pada Anda, coba tanyakan padanya, “Jika aku cinta matimu, lalu, siapa cinta hidupmu?”

howhaw
“Ilmu tentang laut mati memang tidak bisa dipake untuk membeli somay, tapi dengan ilmu tersebut, kita bisa tau kalo tukang somay bukan orang yang ngebunuh laut tersebut. Apaan.”

Salam V-sika
(Baca: Peace-sika)





Sumber Gambar:
http://www.backpackerumrah.com/2015/02/10-fakta-menarik-tentang-laut-mati-dead.html


Previous
Next Post »

Ditulis Oleh : How Haw ~ Production Haws

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul V-sika #19: Apanya yang Mati pada Laut Mati? Please share jika menurut anda bermanfaat. Jika ada pertanyaan, hubungi saya melalui kontak di menu bar atau di alamat surel: how.hawadis@gmail.com

:: Salam Howhaw ! ::


26 comments

HAWADIS IS BACK!!!! Haw, postingan ini kok so sweet ya? Huahahaha. Kamu bisa aja deh ngaitin laut mati sama cinta mati. Segala masih ingat lagunya Mulan Jameela lagi. Itu lagu udah lumayan lama ya? FIX KAMU TUAAAA. MHUAHAHAHA.

Kalau cinta mati kita itu cinta kita yang punya kesetiaan luar biasa, berarti kalau cinta hidup itu kebalikannya ya, Haw? Dalam artian, kekasih gelap? Nanya dia punya selingkuhan apa enggak? Eh gitu bukan sih. Mohon bimbingannya. Aku buta soal cinta :(

Yawlaaa segala bawa mulan jameela :ng

Cinta mati ini mirip ga ya sama cinta sejati? satu untuk selamanya. Eheehe
Wah aku baru tau laut mati bener-bener seindah itu ya bang. Bener-bener bikin aku cinta mati sama laut mati. :D

Ah, sukak kali ini. Bawa-bawa Fisika tapi nyangkut juga ke Kimia. Hehehe.

Tapi ada kemungkinan Laut Mati itu jadi "hidup" nggak sih, bang? Maksudnya massa jenisnya menurun, mengikuti massa jenis air murni. Siapa tau aja dengan tercampurnya larutan tertentu laut itu jadi hidup. Eh, kok malah konsul pelajaran begini? Maaf deh. Maklum, anak kelas 12. Biasalah. Ehehehe.

the tukang somay is back!

harusnya gak perlu diperjelas tentang kenyataannya kak Haw adalah ANGKATAN TUA, kak Icha.. biarlah jadi rahasia yang gak rahasia lagi

Knapa pula namanya paimin dan sarina hahahhaha
Hmmm itu dagelan laut mati yang di kantin malah aku baru denger meski garing sik haw ahahhaha
Kmana wae nih, timbul tenggelem ae ngeblogne

Apa cuma gue yang baca definisi cinta mati mb mulan jamilah sambil nyanyik?

Emang Laut Mati itu matinya dibunuh? Dia bukannya gantung diri? Halah, apaan!
Mulan itu apaan dah sok-sok cinta mati, padahal juga merebut suami orang. Ehhhh.

Duh, gak pernah berani bilang cinta mati sama cewek. Takut gak bisa menjanjikan hal itu. Jatuh cinta itu biasa aja kalau kata ERK mah~ :))

Masa gegara tau lagunya aja dibilang tuaaaa... itu lagu kemerdekaan juga sejak 1945 tapi semua orang tau dan banyak yg masih mudaaaaaaa.....

engg.... ya gatau juga ya, Cha. aku cuma bikin kebalikannya aja. Cinta mati >< Cinta Hidup. :D

Aku lebih newbie dari kamu, Cha~

(((TUKANG SOMAY)))

Wiiiii ah.... :p :p :p :p :p

Enggak kayaknya. yang bisa make kata SEJATI biasanya cuma yang laki. Kayak lelaki sejati. kan jarang ada istilah wanita sejati...

Iya. mendingan liburan ke sana aja. walo ganyampe, seenggaknya bisa mampir ke Gaza. perang. deket juga.

Ya ampun... Pertanyaannyaaaa... @@,

Asal gak nyangkut di pohon aja, Rob...

Laut mati itu aslinya berupa danau, cuma luas banget, makanya namanya dijadiin laut. kalo tentang bakal murni atau kadar garamnya menurun, sepertinya nggak bakal deh. :)

Itu asal kepikiran aja, mbak... :D

Ya ampun mbak... itu udah lama banget. ama laut merah yg ngaku dia ngecatnya...

maklum mbak, lagi malas.

hahaha... kayaknya nggak deh, mbak. yang lain masih pada muda katanya..

Laut mati tidak selemah itu, Yog...

hahaha... gausah dibahas di sini lah.. :D

Okeh Yog... kamu panutanque dalam mengungkapkan cinta~

Kenapa pas baca liriknya mulan jadi kebawa ikut nyanyi yak.. haha
baru tahu nih ada laut mati, tapi indah yah meskipun namanya laut mati.. :)

Baca postingan ini gatau kenape jadi senyum senyum sendiri :D

Ditunggu Tulisan Lainnya Ya...


Semangat Berkarya, Sukses Selalu

Kurang dalem risetnya, Haw. Harusnya ini ada tulisan lanjutan berisi klarifikasi Cinta Mati II dan III, minimal dari Ahmadi Dhani kalo Mulan Jameela nggak sempet.

Kamu sungguh generasi pas musik indonesia lagi indah-indahnya... :-d

Minta ditemanin gih. biar senyum-senyum berdua~

Moga medalinya banyak yang beli~

abis mandi, pake kolon~

*eh, sambung pantun kah ini?

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan lumayan bisa diajak jadian.


Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi