V-sika #16: Kenapa Mimpi Terasa Lama Padahal Hanya Tidur Sebentar?

Assalamu’alaikum...

Mimpi merupakan bunganya tidur. Kadang bunga tersebut terlihat indah, kadang juga terlihat suram. Meskipun hanya sebuah bunga dalam tidur, namun, seseorang yang bermimpi sering kali merasakan bahwa mimpinya tersebut adalah kenyataan. Tak hanya itu, mimpi juga memiliki durasi yang terasa lebih lama dibandingkan waktu aslinya. Misal, dalam mimpi kita sedang berperang melawan Akatsuki seharian penuh, itu pun sudah termasuk petualangan mengumpulkan tujuh dragon ball, padahal kita hanya tertidur 15 menit.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Fenomena mimpi ini melibatkan perbedaan waktu, yang kata Albert Einstein merupakan relativitas. Berdasarkan teorinya, besaran waktu memiliki sifat yang relatif atau tidak mutlak. Lamanya waktu bergantung pada kecepatan objek. Jika ada dua benda yang kecepatannya berbeda, maka benda yang bergerak labih cepat akan memiliki waktu lebih banyak. Pusing? Sama.

vsika

Misalnya ada macan dan kura-kura. Mereka mau numpang wi-fi di Sevel yang jaraknya satu kilometer. Macan sangat cepat sehingga hanya perlu waktu beberapa menit untuk sampai. Berbeda dengan kura-kura yang memerlukan waktu berjam-jam. Jika Sevel tersebut hanya buka satu hari, ketika sampai, macan punya banyak waktu. Sedangkan kura-kura hanya punya waktu sedikit, meskipun satu hari tetap 24 jam. Seperti itulah relativitas.

Ketika kita tidur dan bermimpi, otak kita memproses sinyal-sinyal listrik di dalam syaraf-syaraf dengan kecepatan lebih tinggi dibanding ketika terjaga. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya relativitas waktu. Karena kecepatan proses tersebut, maka cerita yang dikisahkan (di-play) di dalam mimpi bisa lebih panjang, dibandingkan cerita yang bisa dilihat langsung ketika terjaga. Saran aja sih, kalo mau nonton drama korea yang episodenya banyak sedangkan liburnya hanya sehari, biar ketonton semua, nontonnya dalam mimpi aja~

*****
Lalu, kenapa ya impian kita terasa lama datangnya?

Lama berhubungan dengan waktu. Lama juga timbul karena melihat impian orang lain yang datangnya cepat. Terjadi perbandingan. Berarti dalam hal impian pun terjadi fenomena relativitas. Karena merupakan hal yang relatif, maka impian terasa lama datangnya bisa diakibatkan karena:

Tidak 'bergerak' cepat
Bertindak lebih cepat atau lebih awal tentunya bisa menjadikan kita memiliki waktu lebih banyak. Ketika orang lain baru mau memulai mengejar impiannya saat sudah berpenghasilan, kita bisa memulainya ketika masih sekolah, misalnya. Dengan bergerak lebih cepat, kita akan bisa melakukan lebih banyak hal sebelum batas usia.

vsika
Ayo 'bergerak' lebih cepat
Misal punya impian jadi penulis. Bukankah lebih baik langsung mencoba membuat tulisan dibandingkan mesti nunggu abis ikutan seminar menulis atau sejenisnya dulu? *ini teguran buat diri sendiri*

Membandingkan dengan impian orang lain
Membandingkan selalu menimbulkan dua hal. Saat membandingkan diri dengan orang yang ‘lebih’, kita bisa jadi pesimis, “aku gak sebaik dia”. Saat membandingkan dengan orang yang ‘kurang’, kita jadi sombong, “ada yang jauh lebih buruk, kok”. Nggak ada baik-baiknya kalo membandingkan diri dengan orang lain.

vsika
Stop membandingkan diri dengan orang lain
Fokus saja dengan impian sendiri. Yakini bahwa suatu saat akan tercapai. Kalo merasakan jatuh, carilah sosok yang bisa jadi contoh atau tauladan. Bukan untuk dijadikan pembanding. Namun, kalo menjadikan sosok motivator untuk jadi tauladan, biasanya mereka menyuruh meninggalkan zona nyaman. Siap-siap aja kamu mesti ninggalin pacar impian yang bikin nyaman.

Lupa dengan impian utama
Kalo di film 5 cm, dikatakan untuk meletakkan impian di depan kening biar nggak lupa. Kenapa? Menurut penelitian, saat tidur di malam hari, kita mengalami beberapa fase. Mulai dari saat tertidur hingga tidur nyenyak. Tiap fase menghadirkan mimpi yang berbeda. Namun, otak kita hanya mampu mengingat mimpi yang paling akhir. Hal ini yang menyebabkan relativitas mimpi ketika tidur malam kurang terasa.

vsika
Tahapan ketika tertidur
Saat terjaga juga begitu. Kita hidup punya banyak fase, mulai impian jadi porenjes ketika kecil, hingga impian jadi suaminya Raisa ketika dewasa. Saking banyaknya impian itu, kita biasanya hanya mengingat jelas impian yang terakhir. Makanya Raisa nggak bakal kehabisan stok calon suami.

Bisa jadi, sebenarnya impian kita sudah datang, hanya saja kita lupa kalau sebelumnya pernah mengimpikan hal itu. Sehingga malah mengejar impian lain yang sebenarnya bukan. Coba diingat-ingat kembali impian kita. Buka kembali diary yang mulai usang. Bisa jadi di sana tertulis: “Aku ingin jadi anak yang berbakti kepada orangtua dan membahagiakan mereka.”

Lalu perhatikan sekarang, apakah tinggal jauh dari mereka, jarang menghubungi mereka dan hidup bebas tanpa aturan begitu, bisa membuat impian kita jadi anak berbakti itu terwujud?

Trus, kenapa ya impian punya pacar kagak kesampaian juga? Apa karena suka membanding-bandingkan? Atau karena nggak sadar dengan pengagum diam-diam, karena cuma bisa mengingat orang terakhir yang telah pergi? Atau malah karena kurang bergerak cepat? Atau mungkin, kendaraan yang dipunya tidak cukup cepat untuk menarik perhatiannya? Sahabat saya yang super, tetap di mari yuk ngeluh.... ra ways-uways.


vsika
“Ilmu tentang relativitas dalam mimpi memang tidak bisa dipakai untuk membeli somay. Tapi dengan mempelajari ilmu tersebut, kita bisa tahu bahwa tiap orang punya impian yang besarnya relatif. Jadi tukang somay pun merupakan impian besar bagi seseorang karena bisa menghadirkan rizki dan kebahagiaan bagi orang yang keroncongan.”

Salam V-sika.
(Baca: Peace-sika)



Sumber Referensi dan Gambar:
http://detektif-fisika-doni.blogspot.com/2014/01/mengapa-mimpi-terasa-lama.html
https://pendoasion.wordpress.com/tag/mimpi/page/2/
http://pelitamuda11.blogspot.com/2011/12/5-tips-ngebut-berkendara-sepeda-motor.html
https://indiespirasi.wordpress.com/tag/perbandingan/
http://sharingdisana.com/2013/06/02/siklus-tidur-cara-agar-tidur-berkualitas/

Previous
Next Post »

106 comments

Click here for comments
Aldi Rahman
admin
7 June 2015 at 07:56 ×

tadi pagi juga saya mimpi, lama sekali, padahal tidurnya cuma sebentar. Ternyata itu berkaitan dengan teori relativitas Einstein. Dikaitkan dengan impian. Memang meraih impian tidak mudah. Kita harus bertindak, tidak perlu menunggu terlalu lama. Kemudian tidak usah minder dengan impian orang lain. Fokus saja pada impian diri kita sendiri :)

Reply
avatar
i Jeverson
admin
7 June 2015 at 17:06 ×

oh.... jadi ada listrik2 gitu? jadi begitu penjelasan ilmiahnya. oke juga. dan.... macan plus kura2 gaul macam apa yang mau numpang wifi di sevel. -___-
setuju, impian nggak bakal datang kalau ki8tanya nggak gerak. nggak apa-apa geraknya lama, daripada cuma diam.

Reply
avatar
7 June 2015 at 20:37 ×

kalau saya sih mas tergantung mimpinya, kalau mimpinya campur-campur, maka itu akan terasa lama, tapi kalau mimpinya bermakna, maka terasa cepat :D

Reply
avatar
8 June 2015 at 05:14 ×

Kadang mimpi saja bisa bikin kita capek :-D

Reply
avatar
Ara AnggARA
admin
8 June 2015 at 08:11 ×

ini pembahasannya menarik banget. bahkan pembahasan soal mimpi gini bisa dijelaskan secara ilmiah. teori relativitas kayaknya ngubah baget ya pandangan orang-orang.
ya, terkadang saya juga ngerasa mimpi itu lama tapi tenyata cuma tidur sebentar.

soal menggapai mimpi, kayaknya yang jadi masalah itu karena teralu membandingakan dengan orang lain... sama lupa dengan tujuan utama dari impian tersebut.

Reply
avatar
8 June 2015 at 08:44 ×

Padahal sering ngalamin kek gini, tapi nggak kepikiran buat nyari penyebabnya . . dan diulas disini . . *pukpuk* Master Fisika . . Semua pasti bisa dijelaskan dengan fisika ya bang . .??

Dan itu juga yang menyebabkan cita2 kecil gue jadi dalang, mendadak sirna waktu udah menginjak akil balig ini . . :((

Reply
avatar
8 June 2015 at 08:51 ×

Waalaikumsalam

Bener deh mas, saya kalo mimpi cuma ingat dibagian akhirnya doang. Jalan cerita dalam mimpinya udah langsung lupa.

Mungkin penyebab impian punya pacar sampe skrg gak kesampean, karena masih belum bisa bergerak cepat. Setujuuuuuu :D
Kebanyakan orang berpikir, '' kalo jodoh, toh gak bakal kemana''. Itu yang bikin orang2 kurang bergerak untuk mencapai impiannya dan akhirnya memilih untuk diam dan menunggu.

Reply
avatar
8 June 2015 at 08:54 ×

Bener banget tuh mas, Ga ada untungnya membandingkan diri sendiri dengan orang lain :)

Reply
avatar
8 June 2015 at 10:09 ×

Luar biasa sekali..., luar biasa untuk membuat otak saya berbusa! Becanda, bro!

Beneran, gue tertarik banget sama hal-hal yang bersangkutan dengan relativitas. Ternyata mimpi terasa lama karena relativitas toh, gue baru tau.

Thanks, nice!

Reply
avatar
Mangs Aduls
admin
8 June 2015 at 10:36 ×

mimpi apa kang yang tersa cepet :)

Reply
avatar
Mangs Aduls
admin
8 June 2015 at 10:40 ×

kalo sayamh mimpi banyak lupanya. yang inget paling yang paling berkesan atau paling akhirnya aja pas trakhir langsung bangun.

kalo dihubungkan dengan relativitas eisten baru baca di sini sayah. jgn2 yang di bilang lubang cacing itu ini yah. :D

Reply
avatar
8 June 2015 at 12:00 ×

Biasanya kalau lagi baca postingan orang, aku suka sambil dengerin lagu. Pas baca ini aku gak dengerin lagu biar bener-bener paham. Dan,,,,, keren, Haw. Akhirnya aku tau kenapa aku keringetan kalau mimpiin Adam Levine. Karena lebih banyak yang dilakuin sama Adam Levine di dalam mimpi daripada di dunia nyata. Hahaha, Alah, Ketemu aja belum pernah,

Dan bener, Haw, Selain karena gak mau bertindak, impian yang gak terwujud-wujud itu juga karena gak bersyukur. Ya, itu sih, yang suka membanding-bandingkan itu. Termasuk banding-bandingin pacar sendiri sama pacar orang kali ya. Huft.

Reply
avatar
8 June 2015 at 14:17 ×

Kalo mau disambung mimpinya gmna mas Haw? kan ga asik lagi asik" mimpi Insomnia -_-
Apalagi mimpi Ikkeh Ikkeh Kimochi *abaikan :ng

Reply
avatar
8 June 2015 at 17:10 ×

njirr terakhirnya :ng

Reply
avatar
8 June 2015 at 17:12 ×

oh, pantes kalau saya mimpi sering berubah-ubah haw, ternyata ada fase tidur yang bikin mimpi berubah.

Reply
avatar
8 June 2015 at 19:41 ×

Impian punya pacar kayaknya nggak bisa kesampaian deh, soalnya aku nyari yang 11-12 sama member jkt48, sarannya boleh juga ya kalau mau nonton lebih lama lebih baik nontonnya di mimpi.

Kalau kita lagi perjalanan terus kita ketiduran rasanya baru aja tidur eh sudah sampai ketempatnya itu masih ada hubungannya nggak dengan relativitas? Saran juga dari aku kan mau puasa tuh biar cepet bedug magribnya tidur aja siapa tau dimimpi bisa buka duluan

Reply
avatar
8 June 2015 at 20:37 ×

hahaha enggak kepikiran sampai kesini

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:29 ×

Iya. jika bisa memulai lebih cepat, ngapain nunggu. apalagi mesti ngebandingin ama yang lain-lain.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:29 ×

...Juniorrr... ;)

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:31 ×

Disebut 'listrik' karena sifatnya yang juga mengalir pada kapasitor yg berupa syaraf. Anggap aja ada Jev, kartun kek apa kek, sebagai contoh doang~
Iya, dan kamu udah gerak cepat dengan ngirimin naskah itu. :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:33 ×

Mimpi naik jet.

Kalo sempat ngerasain lama, biasanya mimpinya udah banyak banget dan tidurnya udah lama juga (lebih dari 5 jam).

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:33 ×

Mau gimana lagi~ xD

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:36 ×

Segala sesuaunya memang mengandung hal ilmiah, kok. Tinggal mau apa nggak aja untuk mempelajari lebih lanjut.

Iya, banyak yang begitu sih. termasuk yang nulis artikel ini. (._.)

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:50 ×

Ini juga dapet penjelasannya dai pak Doni, tuh yang di sumber referensi. Ngeringkas aja ini. Nggak semuanya juga sih, makanya ada ragam ilmu.

duh :( mungkin nanti bisa bersemi kembali, Ka.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:54 ×

Kalo inget semua malah bikin nambah beban pikiran. :D eh tapi belatih mengingat mimpi agar lebih jelas biasanya nambah konsentrasi sih.

Setuju itu maksudnya... mengiyakan kalo aku gak gerak cepat, makanya gini-gini aja O_o
sebenernya sih pas bilang begitu, langsung nyiapin mahar. masalahnya orangtuanya setuju, anaknya yang nggak. *abis nonton sinetron*

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:55 ×

Iya. nggak ada.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:56 ×

hahaha... :D

ilmu relativitas mah bisa nyenggol apa aja. kayak waktu ama gebetan terasa cepet banget, pas sakit perut di kelas, waktu terasa lama banget.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 02:59 ×

Emang begitu normalnya, Mang. Saya juga.

Nggak. Lubang Cacing lain lagi, itu teorinya sih kita mesti menemukan/membua satu titik hitam di udara yang partikelnya belum sempurna nyatu, trus berikan energi terus-terusan secara memutar sehingga titik tersebut menjadi lubang dan menjadi besar. bisa menjadi jembaan dimensi. *koreksi jika salah*

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 03:09 ×

O_o wuhhh... aku terharu.
ampe keringetan, emang ngapain aja ama Adam levine? waktu tidur kan otak bekerja lebih keras dibanding saat bangun, jadi kalo menemukan hal yang bikin deg-degan, itu pas tidur lebih kerasa dibanding pas lagi bangun.

Iya. ngebandingin gebetan juga. dibandingin ama game, bola, kumpul bareng temen. (._.)

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 03:11 ×

Nyambungnya mesti dengan usaha di kenyataan~

berati kalo mimpi ikeh-ikeh kimochi gitu, ya usahain bisa ngelakuin pas bangun~ (._.)

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 03:12 ×

mimpinya yang berubah, apa kamunya yang berubah, Er? O_o

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 03:22 ×

O_o obsesinya... prasaan semua yang demen 48family, gak ada yang mau berpikiran begitu deh. emang seperti mustahil, tapi mereka semua pada yakin.

Iya, masih. merasa lebih cepat atau lebih lamba padahal waktunya sama itu udah keitung relativitas. Hahaha... di sinetron Lorong Waktu pernah ada yang begitu, anak-anaknya disuruh tidur dan di mimpi mereka pada buka. Masalahnya, saat tidur dan bermimpi, waktu yang dirasakan dalam mimpi lebih lama. jadi ketika bangun biasanya bakal berujung: "Padahal udah tidur lama, kok belom azan-azan juga?"

Reply
avatar
How Haw
admin
9 June 2015 at 03:23 ×

gak kepikiran sampai ke bahasannya, apa ke blog ini, Rul? :D

Reply
avatar
Ara AnggARA
admin
9 June 2015 at 07:03 ×

ciah... yang nulis malah mengakui...

saya juga sama sih

Reply
avatar
9 June 2015 at 07:42 ×

Hmm, bermimpi yaa atau impian ?? Pernah tuh saya bermimpi di kejar hewan buas, kalau di dunia nyata pasti larinya cepet dong, tapi kalau di dalam mimpi, larinya lambaaat bangeeet kayak film-film gitu di slow mosion *salah dikit* :D ampe kesel tuh sama mimpi *nyambung ga mas haw?* hihi

Impian ?? Impian aku yang sebenarnya itu pengen jadi polwan, dari kecil sering liat polwan di jalan, cantik2 gitu,tapi sayang nya impian itu gak bisa aku raih karena suatu hal yang memang tidak memungkinkan :'( *lah kok jadi curhat gini yaa* @@, ^_^ :-bd

Reply
avatar
9 June 2015 at 07:46 ×

Mba Rahayu Wulandari makanya jangan terlalu menunggu, menunggu itu gak enak lho :D
mending jadi orang yang di tunggu aja sama orang lain .. hihi :D :D =)D

Reply
avatar
9 June 2015 at 08:01 ×

Hahaaa menunggu memang gak enak wat.

masalahnya sekarang...
yang nungguin saya siapa??
SIAPAAA??

Reply
avatar
9 June 2015 at 08:04 ×

Hehee iya bener itu mas :)

Ini abis nonton sinetron atau abis ditolak dia?
kenyataan banget kayaknya :D

Reply
avatar
9 June 2015 at 08:26 ×

albert einsten keren juga ya bisa mengungkapkan fenomena mimpi. mimpi sama ngigo sama engga ya

Reply
avatar
9 June 2015 at 09:29 ×

Ciyeeeeeeeee, Wulan disepikin mas pencegah timbulnya jerawat. Btw, itu mas atau mbak ya?

Reply
avatar
9 June 2015 at 09:46 ×

Asik main aja sih, Haw. Adam Levine mah seru banget kalau diajak main. Main catur, main kartu, main congklak....

Cewek dibanding-bandingin sama bola. Hmm..... sudah kuduga.

Reply
avatar
rahadjars
admin
9 June 2015 at 10:15 ×

ada lagi 1 nih. Biasanya kalo tidur di siang hari lebih sering mimpi plus mimpinya lebih menantang, lebih nyeremin, lebih spektakuler dibanding mimpi kalo tidur malem.
itu apa ada hubungannya ya? ato cuma saya doang yang kayak gitu? :?

Reply
avatar
9 June 2015 at 10:25 ×

@Erdi : Pasti taulah yg pernah ngimpi kaya gitu wkwkw :ng

Reply
avatar
9 June 2015 at 10:27 ×

Kalo di lanjutnya dengan usaha kenyataan susah dong bang Haw, jadi mending lanjut di mimpi aja :D

Reply
avatar
9 June 2015 at 10:29 ×

Tukang Parkir mba Wulan, pasti setia nungguin :D

Reply
avatar
Dewii Agneta
admin
9 June 2015 at 10:41 × This comment has been removed by the author.
avatar
9 June 2015 at 10:43 ×

Terserah mba icha aja deh, mau bilang mas / mba juga, yang penting mba icha bahagia :D

ada tuh yang nungguin, *tukang angkot* pasti lebih setia nungguin :D *eh haha :D

Reply
avatar
Tomi Azami
admin
9 June 2015 at 12:08 ×

oh begonoo... tapi kok aku tiap tidur gak mesti ngimpi yak? gimaa tuh bang?

nyambung2na itu lho, cihuy banget. saya ingin bisa seperti itu, ajari saya guru Haw.

Reply
avatar
9 June 2015 at 12:19 ×

hahaa ichaaa :D
yawloh semoga pencegah timbulnya jerawat itu om-om, eeh maksudnya mas-mas.

Reply
avatar
9 June 2015 at 12:28 ×

Haha iya mas, apalagi tukang parkir indomaret. Setia banget nungguin kita sebelum dapet duit parkir hahaaa

Reply
avatar
oh andrian
admin
9 June 2015 at 12:50 ×

biasanya mimpi bisa jadi kenyataan ,seperti mimpi kecebur di sungai,bangun2 celana basah *ehm
dalam mimpi bisa melupakan mantan tapi saat bangun, ah entahlah.

Reply
avatar
9 June 2015 at 14:35 ×

kenapa ya saya kalo setiap mimpi suka jadi kenyataan,, buktinya aku putus sama cowo saya :(

Reply
avatar
9 June 2015 at 15:42 ×

mending usaha aja mas. Usaha dgn bergerak lebih cepat kyk yg How bilang tadi.

kalo di mimpi doang mah gitu2 mulu ntar

Reply
avatar
9 June 2015 at 15:43 ×

hahhaaa ada yang curhaatt :D

Reply
avatar
9 June 2015 at 16:55 ×

Oh jadi karena relativitas gue baru tau. Gue yg suka bingung karena mimpi yg kek gitu terjawab sudah.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:03 ×

Hahaha... mau gimana kalo nyatanya emang begitu~

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:07 ×

Sinetron... beneran.. itu sinetron.... =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:10 ×

Padahal dari namanya itu jelas banget mbak-mbak. Wulan kan bangul, makanya didemenin mbak-mbak. (._.)

Reply
avatar
10 June 2015 at 01:13 ×

Yekali kura-kura maenannya ke Sevel. -___-
Sa aje emang kulit nanas.


TAAEEEE, bener banget yang soal bergerak lebih cepat karena langsung tulis bukan menunggu seminar penulisan. Kemudian nanti pagi mulai nulis. :))

Pernah nonton Inception nggak, Haw? Tentang memengaruhi orang di dalam mimpi gitu, keren dah!

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:14 ×

Sesungguhnya kita semua telah dinanti dengan sangat setia oleh kematian. Akhir kata saya ucapkan wabillahi taufik wal hidayah, assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:34 ×

Baru-baru ini mukanya Adam Levine ditaburi tepung ama fansnya. Kayaknya beneran asik kalo diajak main. :|

bukan dibandingin sih tepatnya, tapi ke mempelajai trik menggocek sebelum praktik meng-gol-kan. *apa ini*

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:38 ×

Gak susah kok, asal duitnya ada.... :|

tapi ada cara sih buat nyambung mimpi. Jadi pas kebangun gitu, jangan banyak bergerak, diamkan semua otot, lalu pejamkan mata kembali. kalo udah gerak dan lama untuk tidur lagi, ya gabakal nyambung.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:43 ×

hahaha... bukan tentang cepet gerakan di mimpi itunya sih. tapi ke durasi yang kerasa. misal, pas dikejar itu udah lama banget, ampe jauh. trus kebangun karena tekejut. pas liat jam, ternyata baru jam segini. itu maksud relativitasnya.

sebenernya ini pengin jadi polwannya apa jadi cantiknya sih? xD mungkin itu bukan impian sebenarnya kali, mbak, hanya sekadar pengin. coba dipikir-pikir lagi.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:44 ×

Beda, mbak. tapi keduanya bisa bersamaan kok.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:49 ×

iya. kalo siang hari malah relativitasnya lebih kerasa. dan karena waktu tidurnya yang sebentar, mimpinya juga bisa lebih jelas dibanding ketika malam. bisa ajdi ketika malam kamu juga bermimpi hal yang sama loh, tapi karena mimpinya masuk diurutan pertama jadi kelupaan dan rasa spektakulernya itu gak jadi kerasa pas bangunnya.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:52 ×

mungkin bang andri tidurnya di lantai kamar mandi. airnya meresap. (._.)

curhatlah selama curhat itu nggak apa-apa.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:56 ×

satu: mimpi merupakan sinyal otak yang bisa jadi pertanda. misal, siangnya dan sebelum tidur kamu ngerasa curiga ama paca dan gak percaya lagi. otak bakal ngirim sinyal itu dalem mimpi. karena mimpi merupakan gambaran pikiran dan perasaan, mimpinya juga tentang kecurigaan it. pas bangun, tinggal nentuin. mau putus apa kagak. kan waktu minta putus bisa nolak. toh pas jadian juga perlu kesepakatan kan.

dua: kebetulan.

tiga: kalo bisa jadi kenyataan terus, mending sebelum tidur ngebayangin punya mobil, rumah, kebon, aja.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 01:57 ×

mimpi yang kek begimana. Ziz?

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 02:03 ×

Yakali kulit nanas bisa bales komentar. *ini yang nyuruh nulis begitu kulit nanas. saya dibayar*

ayo, Yog. biar lebih cepet jadi penulis gemuk yang sukses.

Yang Leonardo Dicaprio itu, kan? Bisa mengendalikan mimpi. dan berdasarkan penelitian, tenyata beneran bisa loh. namun persentasenya kecil sih. :o

Reply
avatar
How Haw
admin
10 June 2015 at 02:12 ×

Beneran? kesian. ada penyebabnya sih:

satu: kegiatan keseharian (rutinitas) yang biasa/ dapet informasi itu-itu aja. kagak ada yang baru.

dua: tidak sedang membenci maupun jatuh cinta.

tiga: sedang tidak memikirkan apa pun. tidak penasaran dengan sesuatu.

empat: sedang sehat-sehat aja.

namun itu hanya sesekali aja, sih. biasanya setelah itu bakal bermimpi lagi. karena mimpi itu proses alami otak untuk mengurai dan memproses informasi. namun, bisa juga, dan keseringan/kebanyakan, kita bermimpi namun tidak ingat. bahkan mimpi terakhir pun lupa. orang yang kurang fokus/konsentrasi biasanya yang sering begini.

Reply
avatar
10 June 2015 at 07:57 ×

Kalo usaha ada proses'a. lama lagi dong

gitu-gitu gmna mba?

Reply
avatar
10 June 2015 at 08:00 ×

Wah wah ketahuan nih suka jajan bang Haw -_-

Itu tipsnya biar cepet tidur lagi bang, bukan nyambung mimpi -_-

Reply
avatar
turyono ari
admin
10 June 2015 at 09:19 ×

Waalaikumsalam...

Atasnya sih emang bahas mimpi tanpa ke bawahnya jadi ngerasa ada orang dateng pas lagi enak tidur terus dia negor "Mimpi aja lo gedein, sono jangan cuman mimpi doang tapi di actionin!"

Aduh duh duh...

Reply
avatar
Sista
admin
10 June 2015 at 09:58 ×

Knpa yah kalo pas mimpi ga bisa liat jam @@,

Reply
avatar
10 June 2015 at 11:02 ×

mimpi itu kaya yang nyata tapi itu cuman mimpi

Reply
avatar
avee Yan
admin
10 June 2015 at 14:05 ×

Aktivitas mengingat-ingat mimpi...sambil jongkok diatas "Toto"...aahaaiiayy ☺

Reply
avatar
Putri Devina
admin
10 June 2015 at 14:31 ×

terus kalau kata orang mimpi bisa jadi kenyataan bener ga ? terus kalau kita mimpi terus bangun apakah bisa cerita mimpi kemarin diterusin dihari berikutnya ? hahaha

Reply
avatar
Wida Zee
admin
10 June 2015 at 15:08 ×

Mimpi terasa lama mungkin di slowmotion waktunya biar bisa menikmati indahnya bermimpi :D hihihi

Reply
avatar
10 June 2015 at 23:04 ×

berubah jadi gaban, haw aku mah. haha :v

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 01:17 ×

Suka dong...jajan gituh....

yeee...dibilangin malah nggak percaya.
Kalo nggak tidur lagi, gimana coba nyambungin mimpinya?
Faktanya, kettika baru bangun, mimpi kita masih diputar oleh otak beberapa saat, jadi kalo kita langsung tidur lagi, mimpinya bisa berlanjut. ini udah diteliti secara ilmiah loh.

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 01:21 ×

Gaban...kagak ada yang lebih mudaan apa, Er... itu pahlawan jadul banget, kan? aku lahir aja belom keknya... O_o

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 01:24 ×

hahaha... bise aja, Ri. :D

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 02:03 ×

Ngelia jam juga gak bakal guna, Kak. Ini kalo dijelaskan berdasakan kekuatan otak dan ilmu relaivitas bisa panjang. Tapi singkatnya, waktu itu sebenarnya tidak ada. itu hanya sebutan bagi manusia karena memiliki gerak yang sama.

Jadi jika kita melihat jam di dalam mimpi, kita hanya semakin pusing saja. Di dalam mimpi yang sebenarnya tidak mengenal waktu yang 24 jam, perputaran jarum jamnya bisa seperti baling-baling. gak guna. dan karena secara alami otak itu cerdas, dia gak bakal menampilkan sesuatu yang malah menyebabkan kebingunangan sendiri.

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 02:08 ×

Pasti bakal dapat inspirasi...hahaha... plus suara plung..plung... xD

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 02:12 ×

Bisa jadi. Tapi sebatas mimpi tentang penyakit pada diri, atau yang nerhubungan dengan kebohongan orang lain. Karena tiap manusia punya 'sensor' hebat yang bisa menangkap berbagai hal tanpa sadar dan menginformasikannya pada diri melalui mimpi.

hahah... Nggak bisa lanjut. Tapi bisa diulang. misal mimpi gigi mau copot, esoknya bisa mimpi gitu lagi, dan biasanya bakal beneran copot.

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 02:13 ×

hahaha... kalo di dalam mimpi malah kebalikannya, fast-motion. baru juga lari sebentar, udah nyasar ke mana-mana.

Reply
avatar
11 June 2015 at 02:26 ×

yakin kamu belum lahir, haw ? hahaha
jadi, mau diganti berubah jadi jiraya deh~

Reply
avatar
How Haw
admin
11 June 2015 at 03:59 ×

Soalnya aku waktu kecil belom pernah nonton~ Taunya pas udah kuliah, karena ngeliat di yutub, filmnya dikasih subtitle kocak.

Nah... yang itu aku tahu.

Jiraiya Jiraiya... menjadi angin~
Jiraiya Jiraiya... menjadi cahaya~
Ninja...Pahlawan...Jiraiya~

Reply
avatar
11 June 2015 at 15:48 ×

Selama janur kuning belum melengkung masih bebas bang.

Eh iya ya, aku juga pernah gitu rasanya aku tidur lama banget tapi kok belum buka ya? Berarti kalo merasa aku udah tidur lama eh taunya cuma setengah jam berarti juga relativitas, au ah pucing pala ebi.. :v

Reply
avatar
11 June 2015 at 16:17 ×

saya juga tau dari situ haw, youtube. haha

bagus, masa kecil kita indah. kita~

eh, haw, tadi saya ngalamin lucid dreaming. ayo, bahas dipotingan selanjutnya. haha

Reply
avatar
How Haw
admin
12 June 2015 at 00:17 ×

Sama. Gegara ngomongin Gavan, aku jadi nyari movienya. xD

Apaan lagi itu lucid dreaming... @@, aku cari tahu dulu, kalo menarik tak bahas. Kalo menarik tapi aku gak ngerti ya gak bakal. =)D

Reply
avatar
How Haw
admin
12 June 2015 at 00:20 ×

Iya. Prinsipnya begitu.

hahaha...iya, itu yang namanya relativitas. Udah bener kok malah pusing~

Reply
avatar
12 June 2015 at 01:40 ×

ngahaha :ng
saya nyari jiraya berati.

mimpi dalem mimpi haw.
haha :p

Reply
avatar
How Haw
admin
12 June 2015 at 02:53 ×

Nemu movie tebarunya di ryuzaki logia, bukan Gavannya tapi, temen seperjuangannya Sharivan dan Shaider, keren posternya, tapi belom donlot. :ng

Oh, yang nkayak di pelem horor indonesia itu... nggak deh kayaknya, belom ngerti betul. Kalo di pelem Inception sih, kita bisa mengatur untuk bermimpi dalam mimpi dengan latihan. Tapi berhasil nggaknya aku nggak tahu. masa iya mesti mraktikin dulu~

Reply
avatar
12 June 2015 at 14:27 ×

itu seperjuangan, elah lawas amat haw :ng

pelem horor indonesia saya mah gatau, tapi iya kalau film inception mah, jadi, kamu praktekin dulu sebelum tidur subuh. hahhahaha

Reply
avatar
12 June 2015 at 21:32 ×

oh ini toh penjelasannya. pantes tidur 5 menit mimpi udah panjang aja. tapi kadang mimpi berasa cepet tapi ternyata udah tidur 5 jam. berarti penyaluran listrik dalam otak melamban ya?
butuh aqua nih

Reply
avatar
How Haw
admin
13 June 2015 at 04:21 ×

Nggak... saat tidur 5 jam, itu mimpinya udah banyak banget. udah beberapa kali ganti mimpi, cuma pas bangun, kebetulan mimpi yang terakhir baru dimulai.

Reply
avatar
How Haw
admin
13 June 2015 at 04:25 ×

Gambanya keren begitu, sinopsisnya sih, gavan dan sharivan di film itu merupakan gavan yang kesekian, penerusnya. aku nonton yang vs kamen rider wizard dan kyoryuger. xD

Ogah ah, dilatihannya, mesti bangun tidur, trus mikir keras tadi mimpi apa, dipikir ampe jelas, terus nyoba tidur lagi. emoh. capek sendiri~

Reply
avatar
14 June 2015 at 18:41 ×

Ternyata penjelasannya begitu ya tentang mimpi. Gua ga pernah inget gimana mimpi dimulai, tahu-tahu ingetnya bagian terakhir. Kayak di film Inception gitu, tiba-tiba udah ada di satu tempat, tanpa pernah inget apa pemicunya. Otak manusia emang selalu jadi bagian yang paling menarik untuk dibahas.

Mengenai impian... faktor "tidak bergerak cepat" itu ngena banget. Yang ada gua cuma ngeluhin kekurangan waktu, inilah, itulah, padahal sebenernya kalo mau bergerak lebih cepat, bisa jadi gua akan merealisasikan impian lebih cepat. Nice post :-)

Reply
avatar
How Haw
admin
15 June 2015 at 04:19 ×

Bener banget. karena tanpa otak, kita tidak bisa melakukan atau melihat apa pun.

Iya, sama, aku juga sering begitu. :|

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
29 June 2015 at 11:32 ×

Aku kalok mimpi bentar kok. Suwer. :(

Reply
avatar
How Haw
admin
30 June 2015 at 02:05 ×

Tidurnya lama, nggak? biasanya itu mimpi kerasa bentar karena tidurnya lama dan udah ngelewati beberapa mimpi, tapi yg keinget cuma mimpi terakhir dan baru dimulai~

Reply
avatar
Masper
admin
4 November 2015 at 14:44 ×

Bermimpilah selagi bisa bermimpi, menulislah selagi bisa menulis, dan makanlah selagi lapar.

Reply
avatar
guzryant
admin
13 November 2015 at 08:47 ×

terima kasih untuk info nya saya jadi mengerti. memang kadang kala perjalanan di alam mimpi dan kenyataan tidak selalu sama. dan bagaimana hal yang akan terjadi pasa saat sekarang dan masa depan.
nice tips.

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon