Howhaw #130: Ternyata Ada Musim Semi di Indonesia

Assalamu’alaikum...

Musim merupakan pembagi waktu dalam tiap tahun. Secara iklim, ada beberapa musim di dunia, seperti musim hujan, kemarau, semi, panas, dingin dan gugur. Untuk Indonesia sendiri hanya terjadi dua musim, hujan dan kemarau. Namun secara istilah dan kepercayaan bersama, Indonesia memiliki musim lebih banyak dari itu.

Musim semi adalah peralihan dari musim dingin ke musim panas. Iya, musim semi terjadi setelah musim dingin dan sebelum musim panas. Pada saat tersebut, tumbuh-tumbuhan mekar kembali. Sehingga musim semi juga disebut dengan ‘musim bunga’. Siang hari musim semi lebih panjang dibanding malam hari, serta udaranya terasa hangat.

hawadis howhaw

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, semi berarti tunas. Bersemi sama dengan bertunas. Selain itu, semi juga berarti setengah atau sebagian. Dikatakan musim semi, mungkin juga karena suasana di musim tersebut setengah panas dan setengah dingin.

Berdasarkan penelitian yang telah saya lakukan, ternyata Indonesia juga mengalami musim semi. Iya, tidak perlu heran, karena memang banyak musim di Indonesia. Dalam kesepakatan umum masyarakat Indonesia, musim merupakan suatu hal yang banyak dilakukan orang pada waktu tertentu. Seperti, musim haji yang terjadi saat waktu naik haji. Musim liburan, karena banyak yang liburan di waktu akhir semester. Atau musim durian, karena banyak yang menjual durian.

Lalu, untuk musim semi di Indonesia, kapan terjadinya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus tinjau ulang ciri-ciri musim semi terlebih dahulu. Kalo di negara empat musim, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 Maret sampai 21 Juni, untuk belahan bumi Utara. Sedangkan di belahan bumi Selatan, musim semi terjadi sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember.

Saat membuat tulisan ini, saya mencoba mencari di search engine Google dengan keyword  ‘ciri-ciri musim semi’. Eh nggak dapet. Pantas saja Indonesia dikatakan tidak memiliki musim semi oleh banyak orang, ciri-cirinya saja tidak ada yang menuliskan. Paling mentok bilangnya hangat dan tanaman kembali tumbuh.

Tak mau menyerah, saya membuka banyak dokumen yang berhubungan dengan kata ‘musim semi’, namun tetap saja tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Akhirnya saya membuat kesimpulan ciri-ciri musim semi secara umum, sebagai berikut:

- Semi artinya bertunans; banyak tanaman yang mulai tumbuh kembali
- Semi juga berarti sebagian; sebagian panas, sebagian dingin
- Terjadi setelah musim dingin dan sebelum musim panas
- Binatang yang tidur dari hibernasi kembali bangun

Kalau dilihat dari ciri tersebut, maka bisa dipastikan Indonesia juga memiliki musim semi. Bahkan intensitasnya bisa lebih banyak dibanding negara empat musim. Iya, karena di Indonesia, musim semi bisa terjadi empat kali dalam sebulan. Sekali seminggu. Tepatnya terjadi di malam Minggu.

Kalo nggak percaya, silakan saja diperhatikan. Pada saat malam Minggu, banyak orang yang berdandan mempercakep diri dengan perasaan yang bersemi-semi. Iya, tunas cinta tumbuh kembali setelah lama mati. Makanya malam Minggu sering dijadikan malam memadu cinta, karena sepanjang malam tersebut banyak yang hatinya bersemi dan berbunga.

Sebelumnya, ingat kembali! Musim adalah suatu hal yang banyak dilakukan orang pada waktu tertentu. Semi artinya setengah, di malam Minggu banyak orang yang pakaiannya baru jadi setengah. Sesuai. Bukankah di malam tersebut juga banyak yang melakukan adegan semi?

Musim semi terjadi setelah musim dingin dan sebelum musim panas. Saat dingin di malam lain, orang-orang akan melakukan hal biasa, selimutan. Tapi beda dengan malam Minggu. Ketika berjalan berduaan berdampingan menikmati malam, tiba-tiba hujan turun. Dingin, kemudian memilih adegan yang semi sebelum melakukan kegiatan yang ‘panas’. Tuh kan, cirinya sesuai.

Dan ciri yang terakhir, binatang yang hibernasi kembali bangun. Binatang mencakup banyak jenis, ada yang berenang seperti ikan, melata seperti ular atau terbang seperti burung. Nah, di malam Minggu yang dingin, dengan pakaian setengah, hati yang bersemi dan penuh adegan semi, juga terdapat binatang yang bangun dari hibernasinya. Tapi saya nggak bakal ngebahasnya lebih jauh, segini aja udah. Takut blog ini entar dibakar massa.

Jadi, ya....gitu. Nggak usah heran kalo di malam Minggu banyak yang melakukan adegan semi, yah... namanya juga lagi musim semi.

*kemudian ngumpet*


Sumber gambar:

https://dianeaninditya.wordpress.com/2011/12/06/4-musim-korea-yang-mempesona/
Previous
Next Post »

79 comments

Click here for comments
8 February 2015 at 05:30 ×

Hahahahaha..
Aku kita beneran tapi trenyata emang beneran si...
Kecuali buat yang jomblo, paling cuma main hujan sendirian dan merenungi nasib sambil ngelihat burung yang sembunyi disarangnya karena ciut kena air.

Reply
avatar
How Haw
admin
8 February 2015 at 05:41 ×

Pak guru mah gitu. @@, mentang udah memiliki istri.

Reply
avatar
Juju Onyols
admin
8 February 2015 at 05:59 ×

Ternyata ada juga ya...
Walau banyak orang menganggap, Indonesia cuma dua musim + ribuan musim abal-abal hehe

Reply
avatar
Ngurah Dimas
admin
8 February 2015 at 09:20 ×

Wkwkkw. Aku kirain tadi emang seriusan mau bahas soal musim semi. Awalnya udah serius-serius sampe googling segala. Eh, ujung-ujungnya malah nyasar. Bener-bener beda. Wkwkwkw.

Reply
avatar
Rizqi Alam
admin
8 February 2015 at 09:55 ×

awal ngebacanya gue serius, eh pas kebawah _-_ makin serius

Reply
avatar
8 February 2015 at 10:34 ×

Tepukan tangan buat Hawadis! Hahaha. Makin jago aja bikin tulisan yang mengait-ngaitkan ke sesuatu yang terkait-kait *apasi*. Pokoknya keren dan bagus!

Reply
avatar
Renggo Starr
admin
8 February 2015 at 11:09 ×

Komentarin gambarnya deh, keren gitu. Kayak padepokannya Naruto.

Gue juga nungguin musim semi nih. Semi final liga champoins.

Reply
avatar
8 February 2015 at 11:23 ×

oh gitu musim semi versi indonesia. hahaha parah..

Reply
avatar
Aji Purnomo
admin
8 February 2015 at 11:45 ×

Hahaha ternyata ada juga musim semi di Indonesia...
Tapi, kayaknya itu buat yang punya pacar. Buat yang jomblo, malam minggu adalah musim dingin, waktunya hibernasi.

Reply
avatar
8 February 2015 at 12:02 ×

Indonesia kan cuma du musim gan...., jadi musim semi yang di maksud rupanya seprti diatas....hehehe kren juga si gan

Reply
avatar
8 February 2015 at 12:33 ×

Hahaha, Pret, parah emang, tapi keren kok keren ide nulisnya :D

Reply
avatar
8 February 2015 at 13:06 ×

aih..
-__-
ini tulisan jago banget, jago nyebak.
Dari tadi, yang komen banyakan laki juga,
Ah, aku seperti tersesat di hutan belantara >,<

Reply
avatar
8 February 2015 at 15:42 ×

ya sama kayak yang punya blog ini. semi jomblo dan semi single. hahaha. keren haw tulisannya

Reply
avatar
Arie Je
admin
8 February 2015 at 15:47 ×

Musim semi kok malam minggu? bukannya Malem jumat ya sesuai sunnah Rasul?
Eh, ini ngomongin apa sih?

Reply
avatar
Tutia Rahmi
admin
8 February 2015 at 21:52 ×

jiahaha, teori nya bisa dibilang masuk akal :D jomblo di malam minggu gak pernah ngerasain musim semi dong ._.)

Reply
avatar
8 February 2015 at 22:22 ×

Hahaha bisa aja :D
Ternyata musim semi di Indonesia ada, uwh kereeen :3

Reply
avatar
8 February 2015 at 23:08 ×

super sekali kau wkwkwk

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:13 ×

Iya, Bang. Indonesia memang sangat kaya. Itu musim semi juga kayaknya dari hasil beli dari negara lain. sangking kayanya.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:15 ×

Kan emang bahas musim semi. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:16 ×

Ahahaha... Mungkin emang elu orangnya seriusan kaliii...

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:17 ×

|o| Ini yang disebut dengan disambung-sambungin aja bang Daus. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:18 ×

Iyakali, kalo Naruto orang Korea. Asal nontonnya entar gak pake adegan semi, itu aja.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:20 ×

Gue harap, semoga tulisan ini aja yang parah, nggak sampai kelakuan remaja Indonesia. *benerin dasi*

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:21 ×

Hahaha.. di negara empat musim, nggak semua orang juga bahagia dengan musim semi kok, ada yang alergi serbuk bunga. sehingga memilih nggak keluar rumah. sama kan?

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:23 ×

Infonya sih, Bang. Itu musim semi hasil nyaplok dari negara-negara barat. :p

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:24 ×

Padahal ini baru tulisan doang, udah dibilang parah. Gimana kalo ngeliat yang live? :-d

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:25 ×

Perlu aku tuntun nggak, Kak? biar nggak kesasar. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:26 ×

*owned* dibilang Troll, dikira gue musuhnya Hobbit kali ya?

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:28 ×

Nggak kok, Man. Gue mah semi cewek, semi cowok.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:30 ×

Kalo malem Jumat, itu musim penjual sate 200 tusuk.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:31 ×

Iya, orang alergi serbuk bunga juga nggak bisa ngerasain musim semi di negara empat musim. sama. Lebih jelasnya lagi #TanyaSemi aja. *eh itu simi*

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:32 ×

Iya, nggak nyangka ya.

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 00:34 ×

Anda sungguh Teguh sekali. :-d

Reply
avatar
9 February 2015 at 01:58 ×

Ntah kenapa gue cuma bisa nangkep kalimat (((ADEGAN SEMI))) hahaha

Reply
avatar
How Haw
admin
9 February 2015 at 02:07 ×

Hahaha... Mungkin sekitaran kamu, saat malam Minggu sering ngadain yang 'live'.

Reply
avatar
9 February 2015 at 07:03 ×

Hahahaha bisa jadi gitu, keren bang.

Reply
avatar
Doni Jaelani
admin
9 February 2015 at 08:36 ×

Ah bisa aja ngehubug hubungin malam minggu ama musim semi

Reply
avatar
9 February 2015 at 10:32 ×

teori musim semi indonesia :))

Reply
avatar
9 February 2015 at 11:09 ×

perasaan bersemi, kamfret. Gw udah serius2...

Reply
avatar
zza chann
admin
9 February 2015 at 12:05 ×

bang Hawadis adegan semi itu apaaa??? ._.

Reply
avatar
i Jeverson
admin
9 February 2015 at 14:24 ×

adegan semi? apa itu bro?
ah, makasih ya. artikelnya lengkap.
ilmu gue tentang semi menyemi jadi nambah...

Reply
avatar
9 February 2015 at 18:07 ×

Anjirrrr, gue udah baca serius-serius ternyata endingnya begitu wkwkwk. Gue kira musim semi dalam artian denotasi, eh taunya dalam artian konotasi...

Reply
avatar
9 February 2015 at 18:21 ×

udah serius baca dari awal... ditengah ngomongin adegan semi. *Langsung tambah serius*

Reply
avatar
9 February 2015 at 19:20 ×

Semakin kebawah semakin serius *hening

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:16 ×

Iya, gue emang keren. Tulisan ini sih nggak. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:16 ×

Abis, ngehubungi gebetan nggak bisa.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:17 ×

*Perlu dipatenkan*

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:18 ×

Beneran Omyan mau serius ama aku?

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:21 ×

Itu... adegan kalo pertandingannya tinggal 2 kali lagi.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:28 ×

Itu, adegan yang sering dikhotbahkan. "Siapa yang menyemi dia yang menuai."

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:34 ×

Iya, maaf Bu. Nggak lagi deh. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:43 ×

Kalo udah serius gitu, dilamar aja, Bang.

Reply
avatar
How Haw
admin
10 February 2015 at 00:43 ×

(((SEMAKIN KE BAWAH))) *ikutan hening*

Reply
avatar
Tarra Izaqi
admin
10 February 2015 at 06:12 ×

Haduh. Aku kira beneran...

Reply
avatar
10 February 2015 at 09:32 ×

hahaha ketipu juga,,saya kira musim semi beneran ekh ternyata musim semi dalam arti konotasi to :D

Reply
avatar
10 February 2015 at 13:13 ×

Sial hahaha ujung-ujungnya bahas malem minggu. Tapi analisisnya keren, Haw. Keren dan ngeselin.

Reply
avatar
Dwi Nanoki
admin
10 February 2015 at 13:18 ×

iya bener kak keren dan ngeselin

Reply
avatar
Rima
admin
10 February 2015 at 19:25 ×

Sial. Nggak kepikiran bisa sampe ke malem minggu. -_-
Pppff.

Reply
avatar
How Haw
admin
11 February 2015 at 00:16 ×

Lah, kan emang beneran. @@,

Reply
avatar
How Haw
admin
11 February 2015 at 00:19 ×

Lah kan emang jelas kalo Indonesia itu memiliki dua musim, kalo ada yang ngomong memiliki musim lain, pasti itu tentang hal lain juga. Bukan maksud ngejebak sih, tapi melihat yang tidak ada agar terlihat ada. *bingung ngomongnya*

Reply
avatar
How Haw
admin
11 February 2015 at 00:21 ×

Ho'oh. KEREN dan ngeselin. *tadi capslock rusak*

Reply
avatar
How Haw
admin
11 February 2015 at 00:23 ×

Wajar kok. Biasanya yang nggak kepikiran malem minggu itu jomlo. :p

Reply
avatar
11 February 2015 at 05:42 ×

Serius diatas, kebawah ngakak. Kirain bakal bahas Seminya Indonesia si Semi Sumirangkir, taunya semi itu wkwk.. Saya rasa ini ngga berlaku sama mblo, fufu.

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
11 February 2015 at 15:29 ×

Huahahah.. Kampret. Namanya jugak anak muda. Cintanya selalu bersemi! :P

Reply
avatar
11 February 2015 at 20:21 ×

Ternyata situ juga suka yang semi-semi ternyata. Hi...7x

@nuzululpunya

Reply
avatar
How Haw
admin
12 February 2015 at 02:16 ×

Itu Sammy Simorangkiiiirrrr.... Iya, sama seperti di belahan langit sana, bagi orang yg alergi bunga, musim semi hanya jadi musim flu.

Reply
avatar
How Haw
admin
12 February 2015 at 02:17 ×

^ hatinya sedang bersemi

Reply
avatar
How Haw
admin
12 February 2015 at 02:17 ×

*sssttt..* *jangan keras-keras*

Reply
avatar
How Haw
admin
12 February 2015 at 05:20 ×

Hayuk kalo mau serius sama aku.

Reply
avatar
13 February 2015 at 04:46 ×

Kubaca beneran, nggak tahunya kakakkakakka...
Tapi beneer kok, semi gimana gitu :-D

Reply
avatar
How Haw
admin
14 February 2015 at 01:18 ×

kakak kakak siapa? xD

Reply
avatar
16 February 2015 at 22:50 ×

Emang masih musim adegan semi?

Reply
avatar
How Haw
admin
18 February 2015 at 01:00 ×

Masih, Bang. Sebelum adegan panas biasanya. *pengantar*

Reply
avatar
21 February 2015 at 20:52 ×

HUANJIIIRRRR HAHAHAHAA KALO GUBERNUR KW LIAT INI TULISAN, PASTI BELIAU BAKAL TERIAK BAKAAAAAARRRR!!! BAKAAAR!!! HAHAHA

Reply
avatar
How Haw
admin
22 February 2015 at 00:17 ×

ANJIRRRR.... BENTAR-BENTAR... PERLU DIDAFTARIN ASURANSI INI....

Reply
avatar
Bahagia _17
admin
16 October 2016 at 21:11 ×

hehe, banyak bnget yg gak tau y,,,,

Reply
avatar
How Haw
admin
29 October 2016 at 12:16 ×

Sebaiknya jangan dikasi tau... bahaya~

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~ EmoticonEmoticon