How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

Belanja Murah dan Jualan Mudah di Shopious

Respons: 53 comments
Assalamu’alaikum...

Di zaman yang modern ini, berbelanja dan berjualan bisa dilakukakun di mana saja. Dengan modal akses internet, kita sudah bisa melakukan transaksi jual beli. Namun, meskipun transaksi jual beli online sangat mudah dilakukan, orang-orang masih merasa khawatir tentang penipuan yang bisa terjadi. Padahal hal tersebut bisa kita hindari dengan memilih trusted seller.

Saat ini, Instagram sudah banyak dimanfaatkan sebagai online shop. Selain karena fungsinya yang menampilkan gambar, Instagram juga merupakan media sosial yang bisa menghubungkan langsung antara penjual dan pembeli. Namun, meskipun memiliki kemudahan komunikasi, Instagram juga tak lepas dari bahaya penipuan.

Howhaw #160: Pertanda Sesuatu Akan Berakhir

Respons: 131 comments
Assalamu’alaikum...

Di dunia ini, semua hal memiliki akhir. Entah itu sinetron, pertandingan, kebahagiaan, kesulitan, maupun kehidupan. Ketika mencapai akhir, ada orang yang berbahagia karenanya dan ada juga orang yang bersedih dibuatnya. Tergantung dari apa yang dirasakan sebelumnya. Orang yang sebelumnya berbahagia, saat bertemu dengan akhir, kesedihan yang akan dirasakan. Begitu pun sebaliknya.

Namun, meskipun mendatangkan kesedihan, banyak orang yang selalu menantikan sang akhir tersebut. Misalnya dalam pertandingan sepak bola, meskipun peluit mulai baru saja ditiup, selalu saja ada orang yang menanyakan skor akhirnya. Atau juga menebak-nebak hasil akhir pertandingannya akan seperti apa.

Keset Kusut: Baper-Baper Dahulu, Susah Move On Kemudian

Respons: 128 comments

howhaw

“Setelah banyak hambatan dan kemacetan di jalan, akhirnya bisa ketemuan juga,” ucapnya sambil menyunggingkan senyum.

“Iya. Syukuri aja kalo ketemu hambatan,” kataku.

“Kok disyukuri, sih?”


Howhaw #159: Lebih Baik Menjadi Orang yang Munafik

Respons: 220 comments
Assalamu’alaikum...

Menjadi orang yang baik merupakan hal yang diinginkan dan dianjurkan oleh banyak orang. Namun, ketika seseorang malah melakukan tindakan yang tidak baik, dia malah mencari pembenaran dan menyalahkan orang lain. Padahal sikap tersebut malah semakin menjauhkan dari keinginannya semula.

Misalnya, ketahuan ngambil duit di kotak amal, dia bakal nyari objek lain buat disalah-salahin. “Itu pejabat ngambil uang rakyat kenapa kalian diamkan?” Atau mungkin ketahuan sedang bermain raba-raba, dia bakal berkilah, “Jangan sok suci deh, Lo. Kayak yang nggak pernah aja, jangan muna, deh.” Tiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, namun menggunakan alasan tersebut sebagai pembelaan diri agar dibebaskan dari kesalahan, merupakan tindakan yang salah.

V-sika #16: Kenapa Mimpi Terasa Lama Padahal Hanya Tidur Sebentar?

Respons: 106 comments
Assalamu’alaikum...

Mimpi merupakan bunganya tidur. Kadang bunga tersebut terlihat indah, kadang juga terlihat suram. Meskipun hanya sebuah bunga dalam tidur, namun, seseorang yang bermimpi sering kali merasakan bahwa mimpinya tersebut adalah kenyataan. Tak hanya itu, mimpi juga memiliki durasi yang terasa lebih lama dibandingkan waktu aslinya. Misal, dalam mimpi kita sedang berperang melawan Akatsuki seharian penuh, itu pun sudah termasuk petualangan mengumpulkan tujuh dragon ball, padahal kita hanya tertidur 15 menit.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Menjauhkan Penyesalan Saat Mengajukan Pembuatan Kartu Kredit dengan Cermati

Respons: 226 comments
Assalamu’alaikum...

Di artikel sebelumnya, saya membahas tentang mana yang disebut sebagai uang rakyat. Kesimpulan dari artikel tersebut menyebutkan bahwa uang kertas yang kita pakai sudah menunjukkan uang siapa yang kita gunakan. Meskipun itu hanya sekadar observasi iseng, tapi bagaimana seandainya hal iseng tersebut jadi kenyataan? Sehingga orang harus menggunakan uang kertas berdasarkan statusnya dalam suatu negara.

Misal, sebagai rakyat yang hanya boleh menggunakan uang kertas nominal seribuan, lima ribuan dan sepuluh ribuan, lalu mau membeli sepeda. Jika harga sepedanya satu juta, masa iya harus membayarnya dengan uang sepuluh ribuan seratus lembar?


Howhaw #158: Uang Rakyat Itu Uang yang Mana, Sih?

Respons: 107 comments
Assalamu’alaikum...

Uang. Alat pembayaran tersebut selalu menjadi perbincangan, alasan dan tujuan. Diperbincangkan bagaimana cara mendapatkannya, menjadi alasan untuk melakukan tindakan kriminal dan merupakan tujuan  banyak orang. Mulai dari rakyat kecil sampai pemimpin besar. Dari yang tinggal di gubuk kecil sampai yang tinggal di gedung besar. Yang kebelet buang air kecil sampai yang kebelet bikin dada besar. Semua perlu uang.


Kembalikan OSPEK ke Tujuan Awalnya

Respons: 98 comments
Assalamu’alaikum...

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang biasa disebut OSPEK, merupakan kegiatan awal kuliah yang kenangannya bisa terbawa sampai akhir usiah. Entah itu kenangan yang membuat air mata membuncah, maupun kenangan yang membuat wajah tersenyum cerah. Awalnya, OSPEK dilakukan dengan tujuan mengenalkan kampus dan sistem perkuliahan bagi mahasiswa baru. Namun, beberapa tahun terakhir, OSPEK malah menghasilkan tindak kekerasan senior pada juniornya.


Howhaw #157: Mengenal Orang-Orang Berkebutuhan Khusus dan Istilah Tuna-asmara

Respons: 73 comments
Assalamu’alaikum...

Orang berkebutuhan khusus merupakan orang yang dianggap berbeda dan sulit berkembang. Mereka memerlukan perlakuan dan “hal-hal khusus” untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dulu, orang yang bekebutuhan khusus dianggap oleh keluarganya sebagai aib. Sehingga orang-orang tersebut cenderung dikurung dan dilarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan mereka menjadi orang yang anti-sosial dan tidak mandiri.


Howhaw #156: Kemudahan Itu Datangnya Setelah Kesulitan atau Bersamaan dengan Kesulitan?

Respons: 75 comments
Assalamu’alaikum...

Kesulitan merupakan suatu keadaan yang menyebabkan seseorang melakukan usaha lebih keras lagi. Namun, meskipun sudah mengerahkan seluruh usaha, kesulitan yang dihadapi masih saja tentang itu-itu saja. Yang artinya, kesulitan tersebut tak kunjung hilang.

Menurut para tetua, dalam menghadapi kesulitan seperti itu, kesabaran dalam diri harus selalu dijaga. Karena setelah kesulitan, pasti akan datang kemudahan. Masalahnya, kata “setelah” tidak memiliki standar satuan. Bagaimana jika kemudahan itu datang setelah kita tak bisa bergerak lagi? Kan telat. Padahal kata Pak ustaz, kemudahan itu datangnya bersamaan dengan kesulitan. Jadi, yang bener yang mana?


V-sika #15: Gelas Kaca Tebal Lebih Mudah Pecah Dibanding Gelas Kaca Tipis Saat Diberi Air Panas

Respons: 107 comments
Assalamu’alaikum...

Ada banyak bentuk penyajian minuman, mulai dari yang dingin sampai yang panas. Ternyata, dalam penyajiannya, material gelas yang digunakan juga harus diperhatikan. Seperti minuman panas yang lebih disarankan disajikan dalam gelas kaca dibanding gelas plastik. Namun, ketika menuangkan air panas ke dalam gelas kaca, sering dijumpai gelas kaca yang digunakan tiba-tiba retak/pecah. Padahal gelas kaca tersebut cukup tebal. Anehnya, saat air panas yang sama dituangkan ke dalam gelas kaca yang lebih tipis, malah tidak terjadi apa-apa. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Howhaw #155: [Cerbung] Persil 1 - Kepergian Adit

Respons: 79 comments
Hadi terus memacu motornya lebih cepat, menyalip dengan sigap kendaraan di depannya. Dia terus menambah kecepatan, bagaikan seorang mahasiswa yang kesiangan, ngebut agar tidak terlambat. Dan memang, saat itu matahari sedang berada tepat di atasnya dan dirinya sedang terlambat. Debu berterbangan di atas jalan aspal yang rusak berlubang. Sudah banyak orang yang menjadi korban jalan tersebut, karena melepas tangan untuk mengucek matanya yang kelilipan. Namun tetap saja kata ‘terlambat’ terlihat lebih mematikan.

Beberapa saat sebelumnya, Hadi berada di dalam kelas memperhatikan dosennya menjelaskan tugas Studio Perancangan Bangunan Tinggi. Tiba-tiba handphone di saku celananya bergetar. Sebuah pesan dari Aryo, sahabatnya sejak SMA.

Howhaw #154: Mari Lestarikan Serta Wariskan Mitos dan Mistis Demi Lingkungan yang Lebih Baik di Indonesia

Respons: 101 comments
Assalamu’alaikum...

Sebagai makhluk hidup, manusia sangat bergantung pada lingkungannya. Begitu pun sebaliknya, lingkungan juga bergantung pada manusia yang menempatinya. Saling ketergantungan tersebut menimbulkan hubungan timbal balik yang dalam pelajaran Biologi disebut dengan ekosistem.

Beberapa tahun terakhir ini, isu tentang lingkungan semakin ramai dibicarakan. Hal tersebut dipicu oleh keadaan lingkungan yang kian memburuk. Mulai dari perairan, hutan, pegunungan, energi, limbah sampai lingkungan sosial yang mencakup moral pun semakin memburuk.

Howhaw #153: Pasangan yang Bikin Nyaman Cenderung Akan Ditinggalkan

Respons: 126 comments
Assalamu’alaikum...

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pasangan yang saling melengkapi susah ditemukan di zaman sekarang, kali ini kita akan membahas pasangan yang bikin nyaman. Beberapa waktu yang lalu, di media sosial banyak ditemukan twit atau status tentang perbandingan pasangan. Misal “yang nanyain udah makan akan kalah dengan yang ngajakin makan”. Atau “yang berada akan kalah dengan yang selalu ada”. Serta “yang ngucapin selamat tidur akan kalah dengan yang nidurin”. Macem-macem.

Howhaw #152: [Fiksingkat] Jangan Pulang Petang

Respons: 73 comments
Aku berlari semakin kencang untuk segera keluar dari hutan. Meski beberapa kali terjatuh tersandung akar pepohonan hingga kakiku terluka, aku tetap berlari sekuat tenaga. Lebih baik terluka daripada tertangkap oleh Kuyang yang mengejarku di belakang.

“Kalo sudah sore, kamu langsung pulang! Tinggalkan saja kayu bakarnya,” begitu pesan kakekku siang tadi.

Howhaw #151: Pasangan yang Saling Melengkapi Hanya Ada di Zaman Dulu

Respons: 91 comments
Assalamu’alaikum...

Jodoh memang tiada yang tahu. Karena ketidaktahuan tersebut, banyak orang yang mencoba menebak-nebak jodohnya. Mulai dari teori persamaan, hingga teori pelengkap. Misalnya, mereka akan merasa berjodoh jika orang yang disukainya memakai baju yang sama, hobi yang sama dan memiliki ibu yang sama. Atau mungkin ibunya berbeda, tapi mereka menatap ayah yang sama.

Teori pelengkap beda lagi, mereka percaya bahwa orang yang berjodoh dengannya memiliki banyak perbedaan. Misal, sifatnya yang berbeda, makanan favoritnya berbeda dan perasaannya berbeda. Atau perasaannya sama, tapi waktu menikahnya yang berbeda.

V-sika #14: Alasan Kabel Listrik Dipasang Secara Kendur

Respons: 68 comments
Assalamu’alaikum...

Listrik merupakan sumber energi dari barang-barang elektronik. Karena setiap rumah di masa sekarang memiliki barang elektronik untuk melakukan kegiatan, maka listrik telah menjadi kebutuhan yang vital. Untuk menyalurkan energi listrik ke tiap rumah, PLN menggunakan kabel-kabel yang saling terjalin di tiap wilayah. Salah satunya kabel yang dipasang di pinggir jalan.

Howhaw #150: [Fiksingkat] Bertemu Kamu (Versi Hawadis)

Respons: 46 comments
Cerita sebelumnya: Mencari Kamu

Sore ini aku berjalan menikmati suasana taman kota. Sejak peristiwa kecelakaan tiga bulan lalu, baru sekarang aku pergi ke taman ini. Biasanya, tiap minggu sore aku selalu menyempatkan waktu.

“Trus, orang yang kutabrak keadaannya gimana, Ma?” teringat tanyaku dulu, setelah sadar dari koma selama sebulan.

Howhaw #149: [Fiksingkat] Bertemu Kamu (Versi Silvia)

Respons: 32 comments
Cerita sebelumnya: Mencari Kamu

“Nggak ada yang namanya Hawadis, Ma?”

Begitu tanyaku setelah mama memberitahukan bahwa banyak temanku yang menjenguk saat aku koma selama sebulan setelah kecelakaan itu. Aku tidak memberi tahu mama alasan sebenarnya aku menabrakkan mobilku. Aku hanya bilang bahwa aku sedang depresi dengan kerjaan.

Selama aku koma, ternyata Hawadis tak sekalipun menjengukku. Padahal kabar kecelakaan itu dan namaku terpampang di berbagai media massa daerah. Tidak mungkin dia tidak membaca atau mendengarnya. Jangan-jangan, perasaannya terhadapku tidak sama dengan perasaanku terhadapnya.

Howhaw #148: Asal Muasal Mitos Angka Empat dan Pengaruhnya Di Kehidupan Sehari-hari

Respons: 72 comments
Assalamu’alaikum...

Dalam menjalani kehidupan, ada saat di mana seseorang merasa dirinya sial. Dan jika kesialan tersebut berulang, pasti dia akan mencari kesamaan pola atas kesialan yang terjadi pada dirinya. Misal, tiap memakai kemeja biru, dia selalu kecopetan. Maka dia akan menyimpulkan kemeja biru adalah pembawa sial baginya.

Jika kesialan tersebut dialami oleh banyak orang, maka akan tercipta suatu kepercayaan yang menjadi acuan bersama. “Jangan pakai kemeja biru, nanti sial”, begitu kira-kira. Karena banyak yang mengalami, maka kepercayaan tersebut akan diturunkan kepada generasi selanjutnya sebagai peringatan.

Howhaw #147: [Fiksingkat] Tak Ada Manis-Manisnya Untukku

Respons: 56 comments
“Ilyas ngasih bunga dan selembar surat ama Dian?” tanyaku dengan nada terkejut.

“Iya. Waktu itu kan aku lagi main ke rumahnya Dian, terus Ilyas datang. Saat kami temui, dia cuma senyum, lalu ngasih bunga dan surat itu ke Dian. Abis itu dia pergi,” jelas Nita. Sama seperti Dian, Nita juga sahabatku sejak SMA.

Ilyas, dia lelaki yang dekat denganku. Saking dekatnya, teman-teman kami mengira kami sudah pacaran. Aku sih senang saja dikira demikian, karena memang aku berharap bisa menjadi pacarnya. Tapi setelah mendengar cerita Nita tadi, aku sepertinya tahu kenapa Ilyas tidak pernah mengutarakan cinta padaku.

Howhaw #146: Jika Nama Tergantung Isinya, Masihkah Negara Kita Bernama "Indonesia"?

Respons: 39 comments
Assalamu’alaikum...

Saat ulangan IPS kelas 4 SD, pernah ada pertanyaan “mengapa negara kita bernama ‘Indonesia’?” dan jika menjawab “karena negara kita berbentuk kepulauan”, guru akan memberi tanda benar pada jawaban tersebut. Sejak saat itu, saya memiliki suatu pemahaman bahwa nama itu dipilih berdasarkan bentuknya.

Namun, semakin ke sini *iya semakin tua*, saya melihat ternyata nama yang diberikan berdasarkan bentuk, cenderung akan berubah. Misalnya orang yang diberi nama “cebol” karena badannya pendek. Saat dia sudah dewasa dan menjadi ustaz, nama “cebol”nya luruh sehingga nama panggilannya menjadi “ustaz”, bukan “cebol” apalagi “ustaz cebol”.

Lantas, bagaimana dengan nama “Indonesia” setelah lamanya waktu berselang?

Howhaw #145: [Fiksingkat] Aku Bingung dengan Anakku

Respons: 61 comments
“Lihat itu, Yah! Kucingnya lucu,” seru anakku ketika melihat kucing di tepi jalan. Sesaat setelah dia berseru, ada seorang gadis yang mendekati kucing tersebut, lalu mengambilnya. Pasti untuk dipelihara di rumahnya.

Setelah memperhatikan gadis dan kucing tadi, kini anakku mengarahkan pandangannya ke arah tepi jalan yang lain. Aku ikut melihat ke arah yang dilihat anakku, ada sekelompok anak kecil yang sedang mengamen dan meminta-minta. Setelahnya, aku kembali menatap ke arah jalan depan, menyetir mobilku ke arah rumah sakit. 

V-sika #13: Penyebab Tidur Di Kasur Lebih Nyaman Dibandingkan Tidur Di Lantai

Respons: 60 comments
Assalamu’alaikum...

Selama manjalani keseharian, pasti kita pernah dihadapkan pada suatu keadaan di mana kita tidak bisa tidur di kasur. Atau malah tidak pernah sama sekali tidur di kasur. Hingga akhirnya kita harus tidur di lantai.

Tubuh kita akan merasakan sakit saat tiduran di lantai. Berbeda dengan ketika tiduran di kasur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena kasur lebih empuk. Iya. tapi, kenapa tempat empuk lebih terasa nyaman dibanding tempat yang keras?

Howhaw #144: [Fiksingkat] Harinya Ayah

Respons: 51 comments
Kuletakkan perlahan kue ulang tahun ayah di atas meja dapur. Hari ini aku bermaksud menjadikannya sebuah kejutan. Sudah lima tahun ayah dan ibuku bercerai dan setelah perceraian tersebut, aku belum pernah sekalipun memberinya hadiah ulang tahun tepat pada waktunya. Biasanya, aku menemui ayah dan memberinya hadiah satu hari setelah tanggal ulang tahunnya. Anjuran ibuku.

“Kan nggak ada bedanya mau diberikan kemarin atau sekarang,” begitu ucap ibuku.

Howhaw #143: Mahalnya Harga Novel Dijah Yellow Ada Penjelasannya

Respons: 107 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa hari yang lalu, Dijah Yellow menerbitkan novelnya yang berjudul Rembulan Love. Tentu saja novel tersebut langsung menjadi pembicaraan netizen. Awalnya mereka terkejut, mencari tahu, lalu ya gitu deh. Sama seperti tanggapan atas twit-nya.

Secara pribadi, saya cukup respect dengan Dijah Yellow. Sekitaran awal tahun kemarin, dia mengatakan bahwa dirinya suka membuat cerpen dan sedang menulis novel. Pernyataannya tersebut langsung menjadi bahan tertawaan dan ledekan. Namun, setelah beberapa bulan berselang, ternyata dia benar-benar menulis novel.

howhaw #142: [Fiksingkat] Terapi Hipnotis Tidur

Respons: 41 comments
“Lupakan semua kejadian yang membuatmu tidak tenang. Lupakan! Lupakan!” ucapku pelan kepada lelaki yang sedang kuterapi dengan hipnotis tidur. Pekerjaan hipnotis tidur ini aku lakukan setiap akhir pekan yang berakhir hingga larut malam.

“Lupakan dan tidurlah lebih dalam. Lupakan! Lupakan!”

Howhaw #141: Menjadi Rangga Ala Yaelahco

Respons: 56 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa minggu ini, saya sering berkunjung ke situsnya Y-Team, “yaelah.co”. Situs ini isinya anak muda banget. Mungkin lebih tepatnya, anak muda yang sok tahu banget. Tapi selama sok tahu itu didukung dengan pengetahuan yang luas, kenapa nggak kan?

Dari semua artikel yang ada di yaelah, artikel berlabel “obrolan kasur” merupakan label artikel yang sudah keseluruhannya saya baca. Iya, mulai dari obrolannya bersama Ryan Adriandhy sampe obrolannya dengan saya sendiri. *hestek promosi, hestek pamer*

Howhaw #140: [Fabel] Nyamuk dan Kupu-Kupu

Respons: 30 comments
Kupu-kupu dan nyamuk memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Tubuh kupu-kupu lebih besar dengan sayap lebar yang indah penuh warna. Sedangkan tubuh nyamuk lebih kecil dengan sayap transparan yang selalu berbunyi saat dikepakkan. Namun, meski memiliki rupa yang berbeda, kupu-kupu dan nyamuk bisa berteman dengan baik.

Setiap hari, kupu-kupu dan nyamuk bermain di taman bunga. Mereka terbang ke sana dan ke sini, menikmati suasana taman dan tak lupa bermain kejar-kejaran di udara. Jika lelah, mereka akan duduk bersama di atas kelopak bunga. Saling berbincang dan bercanda sambil menikmati nektar bunga.

Howhaw #139: Alasan Mengapa Disarankan Mengantongi Batu Saat Sakit Perut

Respons: 55 comments
Assalamu’alaikum...

Siapa yang tidak senang jalan-jalan menikmati keindahan? Melangkah perlahan menikmati pemandangan dan sesekali mengucap kekaguman. Tapi bagaimana jika pada saat tersebut, sakit perut pengin BAB? Lirik kiri kanan tak ada tempat yang bisa digunakan.

“Udah. Ngantongi batu aja biar sakit perutnya ilang!”

V-sika #12: Penyebab Ban Kendaraan Menjadi Kempis Setelah Lama Tidak Dipakai

Respons: 60 comments
Assalamu’alaikum...

Liburan merupakan sesuatu yang istimewa. Banyak orang rela mengeluarkan uang banyak demi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan. Semakin jauh tempat liburan, juga bisa menjadi patokan semakin tinggi tingkat keseruannya. Namun, karena jauhnya tempat tersebut, mau tidak mau kita harus meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan membiarkannya tidak terpakai dalam waktu yang cukup lama.

Sepulang dari liburan, mungkin kalian pernah mengalami suatu kejadian, yaitu ban kendaraan pribadi kita menjadi kempis. Padahal tidak terdapat kebocoran pada ban tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Howhaw #138: [Puisi Mbeling] Melapor

Respons: 29 comments
Melapor

“Kau nggak perlu berletih-letih menunggu angkot lagi, Dik.”
Begitu katanya, Pak
Dengan semua tabungan hasil kerja
Ditambah uang hasil menjual tustel kesayangannya
Dia membelikanku sepeda motor

Waktu itu aku sampai menangis, Pak

Howhaw #137: Pokoknya Yang Banyak Pasti Yang Benar

Respons: 45 comments
Assalamu’alaikum...

Sejak dulu saya sudah sangat bingung dengan anggapan baik banyak orang terhadap sistem demokrasi. Eh... lebih tepatnya, sistem “yang banyak, yang benar”. Kalo kita perhatikan gambar Meme, sindirian di media sosial, atau ucapan keseharian, banyak orang yang menceritakan keburukan rakyat yang diakhiri kalimat “inilah Indonesia”. Iya, kita sudah mengecap bahwa secara rata-rata, rakyat Indonesia itu memiliki kebiasaan yang buruk.

Howhaw #136: Penyebab Munculnya Tempat-Tempat Khusus

Respons: 48 comments
Assalamu’alaikum...

Pantas tidaknya suatu tindakan, mengacu pada adab dan budaya yang berlaku di lingkungan tempat tinggal. Dalam keseharian, ada tindakan yang pantas dan tidak pantas dilakukan di tempat umum. Untuk itu, sebagai makhluk sosial, kita harus sadar tempat dalam berbuat atau bertindak.

Suatu tindakan yang dianggap oleh masyarakat umum tidak wajar, tidak baik atau tidak sopan, sering kali memaksa pemerintah atau badan yang terkait, untuk membuat peraturan yang melarangnya. Namun, dilihat dari kepentingannya, tindakan yang dianggap tidak sopan tersebut juga merupakan kepentingan pribadi. Sehingga, pelarangan yang dibuat harus memberi pengecualian.

Howhaw #135: [Flash Fiction] Tidur Sendirian

Respons: 62 comments
Melani: Temen kontrakanku kan lagi pulang kampung semua.

Tiyo   : Trus, kamu tidurnya bareng siapa dong, Yank?

Melani: Sendirian.

Tiyo   : Ih, berani banget sih... sini ketjup. :*

Melani: Berani dan cantik, Yank. Pacarnya ciapa dulu dong? :* :* :*

V-sika #11: Mengapa Saat Pakai Kipas Angin, Badan Tetap Gerah?

Respons: 42 comments
Assalamu’alaikum...

Dalam suatu waktu, khususnya di musim kemarau, kita pasti pernah merasakan kepanasan yang teramat sangat. Meskipun seharian nggak keluar rumah, namun kita tetap saja merasa panas dan pengap. Mau nyalain AC, nggak punya. Maka pilihan terakhir yaitu menyalakan kipas angin. Anehnya, meskipun kipas anginnya nyala di tingkat kecepatan paling tinggi, tubuh kita tetap merasa panas dan gerah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Howhaw #134: Rumah Kentang

Respons: 100 comments
“Aku sih kagumnya ama cowok yang berani. Bahkan masuk ke Rumah Kentang saja dia nggak takut,” begitu ucapan Silvia yang membuatku pergi ke Rumah Kentang tengah malam begini.

Iya, aku berniat pamer ke Silvia nantinya. Menunjukkan fotoku yang berada di dalam Rumah Kentang saat tengah malam. Agar bisa jadi lelaki yang dikaguminya.

Howhaw #133: Kebiasaan Menikmati Lebih Ngetren Dibanding Berkarya

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Tren merupakan sesuatu yang sedang marak dalam keseharian. Biasanya hal tersebut berlangsung lebih dari sebulan. Bahkan bisa sampai setahun. Makanya ada istilah tren 2013 atau tren 2014.

Sesuatu yang menjadi tren tidak melulu berasal dari satu aspek, melainkan juga berasal dari berbagai aspek dan sering juga terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan. Namun, tetap saja aspek yang banyak peminatnya akan terlihat lebih menonjol dan menjadi icon tren di waktu tersebut.

Howhaw #132: [Flash Fiction] Tidak Akan Mati

Respons: 91 comments
“Man, besok pukul lima sore bisa ketemuan di tempat ‘biasa’ nggak? :)

Sebaris pesan singkat dari Vania tersebut berhasil membuat tubuhku melompat-lompat. Aku kegirangan. Tentu saja, sudah setahun berlalu sejak kami berjanji untuk tidak saling menghubungi.

Howhaw #131: Orang Cerdas Biasanya Berambut Keriting

Respons: 88 comments
Assalamu’alaikum...

Rambut merupakan bulu di kepala yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari panas. Bagi perempuan, rambut dianggap sebagai mahkotanya. Makanya mereka terlihat  begitu perhatian dengan kondisi rambutnya. Sehelai saja yang rontok, bawaannya pengin ke salon.

Howhaw #130: Ternyata Ada Musim Semi di Indonesia

Respons: 79 comments
Assalamu’alaikum...

Musim merupakan pembagi waktu dalam tiap tahun. Secara iklim, ada beberapa musim di dunia, seperti musim hujan, kemarau, semi, panas, dingin dan gugur. Untuk Indonesia sendiri hanya terjadi dua musim, hujan dan kemarau. Namun secara istilah dan kepercayaan bersama, Indonesia memiliki musim lebih banyak dari itu.

V-sika #10: Kenapa Membuat Es Krim Perlu Pakai Garam?

Respons: 49 comments
Assalamu’alaikum...

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, bagaimana mamang penjual es krim (es dungdung) bisa membuat es krim di rumahnya? Padahal dia tidak memiliki freezer. Serta mengapa es krim yang dijualnya sejak pagi tetap membeku? Padahal cuma disimpen dalam dandang doang.

Sewaktu masih esempe, guru saya pernah menjelasakan bahwa dalam pembuatan es krim tersebut diperlukan adanya garam. Jadi di bawah dan sekeliling wadah (dangdang) tersebut terdapat es batu yang sudah diberi garam, sehingga adonan es krim bisa membeku dan terjaga dinginnya. Hal tersebut terjadi karena garam menyebabkan es batu mengalami penurunan titik beku (titik lebur).

Howhaw #129: Cara Mengatasi Perangkat yang Mati Mendadak

Respons: 50 comments
Assalamu’alaikum...

Mungkin kalian pernah mengalami suatu kejadian, saat sedang asik-asiknya main game, desain atau edit video, mendadak laptop yang digunakan mati. Ditekan tombol power-nya juga nggak mau menyala. Serta bagian bawah laptop terasa sangat panas.

Hal tersebut tentu sangat merisaukan, apalagi kalo terjadi berulang kali. Ditambah lagi, jika kejadiannya saat kerjaan selangkah lagi selesai. Nyesek sih biasanya. Tapi jangan buru-buru membanting laptop, kesian, entar malah makin runyam.

Howhaw #128: Misteri Adanya Penginjakan di Setiap Peresmian

Respons: 42 comments
Assalamu’alaikum...

“Woi woi... Danu make sepatu baru tuh. Resmikan yok!”
“Ayok!”

Dan mulailah mereka mendekati Danu, memberikan senyuman termanis dan langsung menginjak sepatu baru milik Danu. Mereka bersorak, tertawa, teman lainnya ikutan, guru ikutan, bibi kantin ikutan dan akhirnya Danu sendiri pun ikutan meresmikan sepatu barunya.

Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi