How Hawadis Thinks...!

Awali semua hal dengan membaca Basmalah :)

Howhaw #127: Antara Hafal dan Paham

Respons: 38 comments
Assalamu’alaikum…

“Eh Haw, walau nggak hafal, yang penting kita paham. Begitu.”

“Elu paham nggak makna mencintai?”

“Ya paham lah.”

“Trus, kenapa sering selingkuh?”

“Itu dia. Gue paham mencintai, tapi nggak hafal wajah pacar sendiri.”

Howhaw #126: Alasan Orang Memasang Avatar Wajah Separuh

Respons: 24 comments
Assalamu’alaikum…

Media sosial sekarang sudah menjadi kebutuhan. Baik yang butuh pencitraan maupun butuh pasangan. Untuk itu, media sosial harus disetting sedemikian rupa agar tujuan yang dimaksudkan bisa tercapai.

Setting yang dimaksud seperti pencantuman identitas yang di antaranya meliputi nama pengguna dan profil picture/avatar. Dari itu, banyak pengguna media sosial yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. Seperti menggunakan nama yang terdengar keren dan memasang ava yang kece banget.

Flash Fiction: Jangan Bunuh Diri

Respons: 22 comments
"Kamu pasti mampu kok, Dis,” perlahan aku mendekati Disa yang termenung memandang sarapannya di atas kasur.

“Sudah, jangan terlalu kamu pikirkan! Kelulusan hanya formalitas. Sejatinya, kamu selalu berada di rangking pertama tiap semester,” aku mencoba berargumen. Namun Disa tetap diam.

Howhaw #125: Yakin Masih Mau Milih yang Ekonomi?

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa hari ini saya keseringan denger kata ‘ekonomi’. Bukan ekonomi dalam artian imu tentang tata cara rumah tangga maupun pengaturan keuangan negara. Melainkan terdengar sebagai pengganti kata ‘hemat’ atau ‘murah’.

Flash Fiction: Aku Mengerti

Respons: 14 comments
“Kamu nggak akan pernah mengerti bagaimana rasanya....,” suara Ara meninggi saat aku mencoba menenangkan.

“Dalam tiap doa dan harap, aku selalu menyelipkan namanya agar bisa didekap...,” Perlahan air matanya mulai mengalir.

V-sika #9: Apa Sih Peranan Bulan Bagi Bumi?

Respons: 10 comments
Assalamu’alaikum...

Indah, terang-teduh tidak menyilaukan. Begitu rata-rata tanggapan orang terhadapa bulan. Meskipun bulan memiliki banyak fase dan fenomena, namun fungsi bulan yang sebenarnya tidak begitu terasa.

Bulan tidak hanya sebagai penghias langit. Bukan sekadar gantian shift dengan matahari. Tapi bulan memilki peranan penting yang lebih dari itu.

Howhaw #124: Penghapus Yang Ingin Terbang

Respons: 16 comments
Assalamu’alaikum...

Masa sekolah memang didengung-dengungkan sebagai masa yang paling indah. Selain karena belum mengenal kerumitan dunia, di masa tersebut kita juga mengalami berbagai perihal. Pertemanan, bolos, juara, cinta, hukuman, bertanggung jawab dan hal-hal lainnya.

Howhaw #123: Cara Membuat Pelajar Menjadi Kreatif

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Indonesia sudah memiliki presiden baru, kabinet baru yang berisi para menteri yang juga baru. Namun, meskipun memiliki berbagai hal baru tersebut, Indonesia tetap dihadapkan pada permasalahan yang masih sama. Salah satu dari sekian banyak permasalahan tersebut adalah tentang pendidikan.

Howhaw #122: Penyebab Kamu Nggak Diundang Dalam Pernikahan Temen

Respons: 35 comments
Assalamu’alaikum...

Entah karena memang musimnya atau hanya kebetulan semata, di bulan Oktober ini banyak orang yang melangsungkan pernikahan. Mulai dari yang masih remaja, sudah dewasa maupun yang sudah janda. Semua bergembira.


V-sika #8: Kenapa Orang Memukul Kulit Durian Saat Akan Membelinya?

Respons: 22 comments
Assalamu’alaikum...

Di Kalimantan Barat, sekarang lagi musimnya buah durian. Sebenarnya sih bulan lain juga bisa jadi musimnya, karena iklim wilayah Khatulistiwa susah diprediksi. Hal tersebut menyebabkan tanaman bisa tumbuh subur, padahal di tempat lain mungkin saja akan mati.

Howhaw #121: Kejadian Suatu Peluang, Bodo Amat Kebalik.

Respons: 4 comments
Assalamu’alaikum…

Selama beberapa har…eeee minggu saya tidak membuat postingan, saya mengalami beberapa kejadian-kejadian. Baik itu kejadian di dunia nyata, di dunia mimpi, di dunia maya maupun di matamu. Jangan tanya dulu, karena saat melihat matamu aku seperti menghilang dari dunia ini. Saking melayangnya.


Howhaw #120: Bukan Kurus, Hanya Terlalu Tinggi

Respons: 26 comments
Assalamu'alaikum...

Maaf-maaf… beberapa minggu ini saya gak ngupdate blog. Laptop yang biasa saya gunakan sedang sakit dan harus dilarikan ke ruang I see u. Yah, mekipun laptopnya belom sembuh, seenggaknya saya bisa bahagia melihatmu.

Howhaw #119: Sarang Lebah Kenapa Berbentuk Segienam

Respons: 28 comments
Assalamu’alaikum...

Saat berbuka tadi, di antara pilihan yang manis terdapat madu. Iya, yang dibuat ama lebah itu. Yang rasanya manis. Gak bisa basi dan memiliki banyak khasiat. Namun, meskipun madu itu manis dan memiliki banyak manfaat, seorang istri tetap saja tidak menyukai 'madu' suaminya.

V-sika #7: Bisakah Memanfaatkan Kulkas Sebagai Pengganti AC?

Respons: 16 comments
Assalamu’alaikum...

Di bulan Ramadan ini, keluhan tentang cuaca semakin meningkat yang juga meningkatkan keinginan untuk minum yang dingin-dingin. Sepulang berpanas, kita langsung membuka kulkas. Bukan untuk minum, tapi ngadem. Kan lagi puasa, sedangkan AC gak punya. Saat ngadem di depan kulkas, sempat terbersit dalam pikiran kita, bisa gak ya kulkas dijadikan pengganti AC untuk mendinginkan ruangan saat pintu kulkasnya dibuka terus-menerus?

V-sika #6: Kenapa Kamar Mandi Bisa Membuat Suara Indah?

Respons: 26 comments
Assalamu’alaikum...

Hampir semua orang suka bernyanyi dan suka pada penyanyi. Terlebih kalo gebetannya yang menyanyi. Meski tidak semua orang memiliki suara yang nyaman didengar, ada satu tempat yang bisa membuat suara siapa pun menjadi indah. Kamar mandi.

V-sika #5: Kenapa Dinding Gelas Minuman Dingin Bisa Basah?

Respons: 38 comments
Assalamu’alaikum...

Tadi siang waktu saya dan teman saya makan di kantin sambil nongkrongin nyunyudotkom, kami memesan minuman cola dingin. Selang beberapa saat, teman saya bilang,

‘Air yang menempel di gelas minuman cola dingin ini, asalnya dari dalam kan? Tapi kok jumlah air cola-nya gak berkurang ya.’

Surat Howhaw #5: Dari A Sampai Z, Semua Akan Berakhir

Respons: 35 comments
Pontianak, 15 Juni 2014


Assalamu’alaikum jiwa yang sedang getir...
Balasan suratmu menyiratkan kalau kesedihan yang mengelilingimu kemarin sudah perlahan hilang dan lari kocar-kacir. Cinta timbal balik dengan ibu memang tak bisa digantikan insan lain yang cuma mencintai di balik tabir. Dengan keikhlasan, meski ibumu sudah pergi, percayalah, cintanya akan tetap mengalun melalui sapaan alam yang senantiasa menyampaikan salam hingga senyum akan melekat di bibir.

V-sika #4: Kenapa Haus Tidak Hilang Saat Minum Air Laut?

Respons: 39 comments
Assalamu’alaikum...

Dalam suasana liburan, banyak orang yang memilih liburan ke daerah pantai atau laut. Ada yang sekadar berfoto-foto, memancing, berenang, berjemur, bahkan memancing orang yang sedang berjemur. Tapi yang namanya liburan, tentu banyak melakukan gerakan, apalagi berlarian main kejar-kejaran di pantai.

V-sika #3: Mengapa Meniup Minuman Panas Itu Sia-sia?

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Minuman panas seperti kopi atau teh sering kali menjadi konsumsi setiap hari. Ada yang menyajikannya di pagi hari, sore hari atau malam hari sebagai teman begadang. Dalam menikmati minuman panas, seringkali kita jumpai orang yang meniup permukaan minuman tersebut, sesaat sebelum meminumnya. Apakah hal tersebut efektif? Nggak.

Howhaw #118: Mutasi Liebster Award

Respons: 42 comments
Assalamu’alaikum...

Sudah lebih dua pekan ini, postingan tentang Liebster Award gencar di mana-mana. Uniknya, hampir di setiap kalimat pembuka artikel diawali dengan ‘ketidaktahuan’ tentang award tersebut. Entah konspirasi apa dibaliknya. Kalo dilihat dari ilmu MLM yang pernah saya dapatkan, award tersebut berfungsi untuk menaikkan jumlah pengunjung blog. Dengan memberikan award pada beberapa orang, sudah pasti orang-orang tersebut akan mengunjungi postingannya. Selanjutnya, link blog pemberi award akan menempel di beberapa blog orang yang diberi (jadi media promosi). Kesimpulannya, yaaaa gitu. Iya gitu.

Howhaw #117: Mari Gunakan Hati Kanan

Respons: 23 comments
Assalamu’alaikum...

Melakukan klasifikasi atau memilah-milah suatu hal mungkin sudah menjadi kebiasaan masyarakat umum. Katanya agar rapi dalam mengelompokkan, padahal nyatanya malah membuat makna yang semrawut.

V-sika #2: Bagaimana Cara Hantu Menampakkan Diri?

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Film horor merupakan film yang bisa memberikan kengerian. Mulai dari TV yang nyala sendiri, kursi yang bergerak sendiri, sampai pintu yang terbuka sendiri. Tapi kalo melihat kejadian tersebut, sepertinya bukan ngeri yang ditimbulkan, tapi rasa kasihan. Sudah bergerak sendiri, hidup sendiri, terbuka sendiri, semua sendiri, gak ada yang menemani, kasihan banget kan?

V-sika #1: Mengapa Kapal Selam Bisa Mengapung dan Tenggelam?

Respons: 28 comments
Asslamu’alaikum...

Di film-film yang sering saya tonton, dalam adegan pertempuran di laut, banyak pasukan yang menggunakan kapal selam sebagai kendaraannya dibanding menggunakan kapal biasa. Selain bisa menyerang musuh yang menggunakan pesawat (saat terapung), kapal selam juga bisa menjadi kendaraan berlindung atau bersembunyi dari pandangan luar karena bisa dengan mudah tenggelam.

Surat Howhaw #4: Mengais Dalam Gerimis

Respons: 16 comments
Ketapang, 1 Juni 2014


Wa’alaikum salam Hawadis...
Maaf dengan surat kemarin, Dis. Aku menulisnya dengan penuh derai tangis. Ditinggalkan seorang ibu yang selalu menguatkan diri setiap hari, membuatku tak sadar mana perintah Tuhan, mana godaan iblis. Seolah derita satu terasa tak habis-habis. Bahkan mengajakmu dalam perbuatan najis. Sekali lagi maaf, Dis.

Flash Fiction: Tangkapan Ikan Untuk Ibu

Respons: 54 comments
Setelah sebulan terakhir lukah (pukat) yang aku pasang tidak memberikan hasil, malam ini aku panen besar. Dengan senyum tersungging aku membayangkan wajah semringah ibu menyambut hasil hari ini. Kami tidak akan kelaparan dan bertengkar lagi. Terutama, aku tidak akan bertengkar dengan penduduk kampung yang ikannya aku curi.

Howhaw #116: [Fiksingkat] Mencari Kamu (Versi Silvia)

Respons: 32 comments
“Bodoh, kenapa aku nggak minta alamat atau sekadar nomor yang bisa dihubungi?”

Aku memekik dalam hati menyesalkan yang telah terjadi. Seminggu ini aku seperti berlomba dengan matahari, berkeliling mencari dia yang kuanggap pantas dinanti. Bertahun kutolak semua lelaki yang mendekati demi yang pernah jadi berhala hati, tapi saat dia datang, malah kubiarkan pergi tanpa mencurahkan isi hati.

Howhaw #115: [Fiksingkat] Mencari Kamu (Versi Hawadis)

Respons: 22 comments
“Jadi sudah seminggu ini kamu keliling nyari yang namanya Silvia itu?”

Aku mengangguk pelan dengan wajah muram karena orang yang dicari tak kunjung kutemui. Hampir setiap sudut kota sudah kujelajahi, tapi tetap saja jejaknya berujung sunyi.

Surat Howhaw #3: Begitu Kan Sil...?

Respons: 44 comments
Pontianak, 15 Mei 2014


Assalamu’alaikum Sil...
Membaca surat balasanmu, aku malah menganggapmu kecil. Masih suka usil, seperti ketika masih sekolah, terutama pelajaran tentang klorofil. Bersama temanmu, Acil, kamu selalu mengerjai kelompok lain, membuat tulisan nakal di kertas laporan tugas dengan pensil.

Diary Sang Zombigaret: Surat Wasiat Zombigaret

Respons: 42 comments
WASIAT

Pada hari ini, Rabu, tanggal empat belas bulan lima tahun dua ribu empat belas, telah berhadapan dengan saya, Notaris yang beralamat di Jalan Meranti No. 13, Pontianak Kota, Kalimantan Barat.

ANJRITektur #2: Unsur-Unsur Bentuk Arsitektur

Respons: 32 comments
Assalamu’alaikum...

Di dalam bentukan arsitektur terdapat unsur yang membentuknya. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan, mengeliminasi, menambahkan bahkan saling memotong, sehingga bisa tercipta bentukan baru yang berestetika. Tapi sebelum menjadi sebuah bentuk, tentu ada unsur yang melakukan koalisi. Mereka berkelompok, saling membangun, berhubungan dan jadilah suatu bentukan.

Howhaw #114: Pendidikan Kita Tidak Sepenuhnya Salah

Respons: 46 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa minggu ini topik tentang dunia pendidikan semakin meroket. Anehnya, informasi yang diberikan dan disebarkan semuanya tentang kebobrokan dunia pendidikan kita. Tidak ada yang menyebarkan tentang kebaikan yang telah dicapai. Terlebih lagi tentang ujian nasional. Masa ampun, berita penolakannya sampe seantero dunia maya dan nyata. Ada juga yang menolak menerima banyak pelajaran, karena tidak sesuai dengan passion anak didik. Mereka bilangnya, bagaimana mungkin gajah dan ikan disuruh memanjat pohon. Itu mustahil.

Howhaw #113: Di Balik Pengakuan Selalu Ada Kepalsuan

Respons: 36 comments
Assalamu’alaikum...

Pernah dong ya, punya temen yang mendadak mengaku kalo dia sebenarnya jatuh cinta sama kamu. Atau pernah juga kan ya, punya temen yang tingkahnya ngeselin dan akhirnya mengaku tingkahnya tersebut agar dia diperhatiin.  Mungkin pernah juga punya sahabat yang mendukung kamu pacaran sama ‘Sianu’ tapi belakangan dia mengaku kalo dia juga mencintai pacar kamu itu. Pernah kan ya?

Surat Howhaw #2: Begitulah Takdir Menggarisinya

Respons: 26 comments
Ketapang, 1 Mei 2014

Wa’alaikum salam Hawa...
Menerima surat darimu, aku sungguh merasa bahagia. Seperti seorang hamba yang berjumpa dengan Tuhannya. Siapa sangka akhirnya kamu menghubungiku juga. Ah iya, suratmu itu semua kalimatnya berakhiran ‘A’. Apa karena kau selalu ingat akhir dari Cinta? Atau akhir kisah kita?

Nggak Lagi Deh Seharian Tanpa Internet, Padahal Lagi Dibutuhkan

Respons: 14 comments
Assalamu’alaikum...

Internet? Siapa yang nggak tahu tentang internet? Banyak sih. Tetangga-tetangga saya yang termasuk golongan tidak muda, belum mengenal apa itu internet, anaknya juga sih. Secara umum mereka tahunya facebook, itu saja. Jadi ketika kemarin marak kasus penipuan dan penculikan melalui internet, mereka melarang anak-anaknya bermain media sosial tersebut.

Visit Banda Aceh, Visit Museum Tsunami Aceh: Rasakan Sensasinya

Respons: 28 comments
Assalamu’alaikum...

Wisata sudah menjadi kebutuhan seseorang untuk menghilangkan kepenatan. Saat ini, di berbagai media, banyak yang membicarakan dan menayangkan tempat-tempat wisata. Mulai dari daerah, pantai, perkotaan hingga pegunungan. Maraknya tren wisata saat ini menjadi nilai positif bagi warga yang bertempat tinggal di wilayah destinasi wisata. Secara tidak langsung, wisatawan dan warga telah melakukan simbiosis mutualisme. Cieleh, bahasanya. Iya, karena wisatawan memperoleh fasilitas dan kebutuhan dari warga yang berjualan di wilayah destinasi wisata, sedangkan warga memperoleh pemasukan. Saling menguntungkan.

ANJRITektur #1: Pengantar Arsitektur

Respons: 26 comments
Assalamu'alaikum...

Beberapa hari terakhir, teman-teman blogger saya banyak yang membuat segmen baru di blognya. Katanya agar blognya memilki sesuatu yang baru dan tidak monoton sehingga membuat pembaca tidak merasa bosan. Sebagai manusia yang pada dasarnya selalu belajar dari tindakan orang lain, saya jadi ikut-ikutan. Iya, saya memang orang yang kurang berpendirian, suka ikut-ikutan. Diajak makan gratis, ikut. Diajak ke acara nikahan, ikut. Diajak jalan-jalan, ikut. Cuma kalo diajak ke toilet perempuan aja yang ga ikut, yang ngajak laki sih.


Howhaw #112: Semua Berubah Saat 'Tanggung Jawab' Mewabah

Respons: 26 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa hari ini saya selalu dihujami dengan frasa ‘tanggung jawab’, mulai dari tanggung jawab sebagai mahasiswa, tanggung jawab sebagai anak orangtua, tanggung jawab selaku ketua maupun tanggung jawab kepada calon mertua. Semua selalu meminta menjadi orang yang bertanggung jawab. Masalahnya saat ini, arti tanggung jawab sendiri mulai mengalami pergeseran. Dari yang awalnya harus menjaga moral dan kesopanan berubah menjadi pengakuan atas kesalahan.

Suzuki Karimun Wagon R: Mobil SUPER Murah, Kualitas SUPER Mewah

Respons: 2 comments
Assalamu’alaikum...

Pada masa sekarang, kebutuhan akan kendaraan yang dapat memudahkan pekerjaan dan perjalanan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak hanya tentang memiliki kendaraan, melainkan juga tentang spesifikasi dari kendaraan tersebut, sehingga kendaraan yang dipilih benar-benar bisa memudahkan keseharian. Seiring gencarnya pengadaan kendaraan, khususnya kendaraan roda empat, pemerintah membuat wacana mengenai mobil murah yang ramah lingkungan dan dituangkan dalam Peraturan Presiden (PERPRES) No. 41/2013 dan Peraturan Menteri Perindustrian (PERMENPERIN) No. 33/M-IND/PER/7/2013 yang mengatur produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau dikenal juga dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC).

Bosan Dengan Yang Lama

Respons: 20 comments
“Bakar saja!”

“Potong dulu tangannya!”

“Jangan! Kita serahkan pada petugas saja.”

“Jangan sampai dia datang ke sini lagi.”

Setelah Membaca Ini, Masih Mau Jadi Blogger Copas Sembarangan?

Respons: 16 comments
Assalamu’alaikum...

Beberapa waktu lalu, saya membaca postingan Petrus Andre yang sangat gencar menggalakkan postingan dengan tajuk ‘Berantas Blogger Copas’ dan melaporkannya ke Google DMCA. Iya, meng-galak-kan, karena Petrus Andre ini sedang galak-galaknya melihat blogger yang kerjaannya copas melulu. Makanya dia bekerja sama dengan salah satu Web Hosting Indonesia dan mengadakan perlombaan blog dengan tajuk yang sama. Ga tahu apa itu web hosting? Itu lho, yang buat mengganti Nama Domain, yang kalo namanya ‘siitem.blogspot.com’ bisa jadi ‘siitem.com’. *iya, iya, saya ngaku, paragraf ini untuk memenuhi persyaratan lombanya* #SayaGaKreatif

Howhaw #111: Rencana Merariq

Respons: 10 comments
“Bagaimana pun rencana ini harus aku lakukan. Demi cinta yang tersatukan,” aku membatin sambil memantapkan langkah menuju rumah Pak Hariyadi. Di tengah perjalanan aku melihat Hamdan yang sedang kerepotan dengan mobil kijang birunya. Mungkin mogok.

Howhaw #110: Kucing Pembawa Petaka

Respons: 26 comments
“Rehan mana?” Tanyaku pada teman-teman saat kami akan mulai bermain.

Akhir-akhir ini teman-teman yang sebelumnya selalu bermain denganku sering tidak datang, tapi meskipun begitu, ada saja anak baru yang tertarik dengan kami dan bergabung bermain. Permainan yang biasa aku mainkan dengan teman-teman sama seperti permainan anak pada umumnya, petak umpet, kejar-kejaran atau bermain bola. Lama sekali biasanya kami bermain dan berhenti ketika para warga berdatangan mencari.

Surat Howhaw #1: Terlahir dan Berakhir Sebagai A

Respons: 26 comments
Pontianak, 14 April 2014

Assalamu’alaikum Silvia...
Sudah lama kita tidak saling sapa. Menjauh setelah sekian lama berharap cinta. Kau pergi ke luar kota tanpa meninggalkan jejak berita. Sampai-sampai aku harus mengetuk tiap pintu rumah tetangga. Ya, hanya untuk tahu alamatmu saja. Terkadang aku merasa ingin kembali ke masa lama. Ke masa saat aku belum tahu kenyataan tentang keberadaanku di dunia. Masa saat kita masih bercanda tertawa dengan akrabnya.

Howhaw #109: Wisata Jadi Indah Karena Nggak Sendirian

Respons: 17 comments
Assalamu’alaikum...


Akhir-akhir ini teman-teman saya mulai antusias-antusiasnya untuk wisataan, traveling atau backpackeran. Mengunjungi tempat-tempat indah untuk meredam kepenatan akibat kegiatan selama ini. Ada yang berencana ke gunung, ke pantai, ke kota, ke desa, ke kebun binatang, ke kebun orang, ke mall dan ke taman fantasi. Kalo yang wisataan ke tempat yang dikenal karena alamnya, itu rencana teman saya yang di kota. Sedangkan wisataan ke tempat yang berbau kota, itu rencana teman saya yang dari desa. Semoga mereka ga tabrakan di tengah jalan.

Howhaw #108: Pengemis, Menukar Harga Diri dengan Uang

Respons: 16 comments
Assalamu’alaikum...

Telah kucoba mendatangi semua
Berharap ada yang menugaskan raga
Tiada. Semua telah berpunya.
Aku hanya merenta

Howhaw #107: Maaf, Saya Sedang Bicara Serius

Respons: 20 comments
Assalamu’alaikum...


Ga seperti postingan sebelumnya, kali ini saya mau berbicara serius. Memang saya ga terlalu berpengalaman dalam berbicara serius, tapi apa salahnya kan mencoba. Lagian ya, anak-anak yang sedang ikut ujian nasional kan juga belum pengalaman lulus ujian di jenjang pendidikan yang sama, tapi mereka mencoba mengikuti ujian agar bisa lulus. Iya sih, siapa juga yang mau ujian nasional dua kali saat esema padahal udah dinyatakan lulus.

Howhaw #106: Huruf "N" yang Menjadi Legenda

Respons: 16 comments
Assalamu’alaikum...

Dulu saya pernah mendengar ada angka paling lucu *itu kerjaan si Fico*, mulai saat itu saya jadi berpikir mungkin dalam huruf pun ada yang paling lucu. Tapi sekian lama saya melihat, saya mendengar dan saya merasa, sepertinya huruf yang lucu itu nggak ada. Setelah beberapa kali menemukan kegagalan dan berjumpa kegalauan, saya melihat hal lain. Ternyata ada huruf yang melegenda. *jeng jeng jeng jeeeennnggg*

Howhaw #105: Keajaiban Mouse yang Bisa Berbicara

Respons: 22 comments
Assalamu’alaikum...

Bukan...bukan. Gue bukan Hawadis yang biasa bikin artikel tentang keanehan pikirannya. Bukan manusia sih, tapi seenggaknya gue bisa menemani dia selayaknya manusia. Hawadisnya lagi ketiduran sehabis ngegambar. Entah perjanjian apa yang udah gue buat dengan Tuhan sehingga gue dijadikan mouse komputer. Ini nyiksa banget.

Howhaw #104: Puisi: Surat TKI Kepada Ibunya

Respons: 4 comments
Surat TKI kepada Ibunya


Bu, jangan khawatirkan aku di sana
Jangan hiraukan apa yang orang tebarkan dalam kata
Kata tentangku yang membuat ibu gulana
Gulana yang menjadikan hari ibu penuh lara

Howhaw #103: Saling Membantu Untuk Menciptakan Senyuman dan Keteguhan

Respons: 10 comments
Assalamu’alaikum....

Siapapun kita, pasti pernah mengalami yang namanya cobaan dan menemukan masalah. Kadang kita sabar melaluinya, kadang kita mencaci yang memberinya. Kadang kita mencoba menyelesaikannya, kadang kita mencoba lari darinya. Tapi ingatkah kita dengan kisah masa kecil putri raja?

Howhaw #102: Kita Butuh Penjahat Bukan Super Hero

Respons: 14 comments
Assalamu’alaikum...


Pemilihan orang-orang yang akan mengatur kepentingan rakyat akan dilakukan sebentar lagi. Selanjutnya penentuan presiden dan wakilnya akan dilaksanakan. Pemilu. Pesta demokrasi yang akan kita lakukan itu selalu menjadi harapan para masyarakat agar negeri ini menemukan sosok pahlawan yang bisa menyelamatkannya dari berbagai kejahatan. Kemiskinan. Kebodohan. kekorupsian. Kemacetan. Kekotoran. Kejombloan.

Howhaw #101: Fenomena Takut Mutusin dan Takut Nerima

Respons: 20 comments
Assalamu’alaikum...


Media informasi saat ini berkembang sangat pesat. Di manapun posisi seseorang, dia bisa dengan mudah memperoleh informasi padahal jaraknya harus ditempuh 80 hari mengendarai kuda. Tidak hanya tentang mudahnya memperoleh informasi, tapi juga tentang mudahnya informasi tersebut termakan oleh otak, tak terkecuali informasi ga bener.

Howhaw #100: Anak Kecil Butuh Cinta Bukan Lagu Cinta

Respons: 14 comments
Assalamu’alaikum...

Bagaimana malam minggunya? Masih lancar pacarannya? Saya doakan semoga cepet putus. Bukan. Bukan sirik, tapi menganjurkan agar menjadi lebih jelas. Cepat putuskan keseriusan kalian. Masa udah tiga tahun masih aja statusnya pacaran. Bangga lagi. Itu pacar, apa barang kreditan? Motor aja tiga tahun udah sah jadi milik sendiri.

Howhaw #99: Beberapa Alasan yang Menguatkan untuk Tetap Ngeblog

Respons: 22 comments
Assalamu’alaikum...

Perbandingan status sosial seringkali menjadikan hubungan pertemanan stagnan. Di situ-situ saja. Dengan itu-itu saja. Mereka menganggap yang tingkat atas hanya pantas berteman dengan tingkat atas. Mungkin karena itu juga saya dari dulu hanya memilki teman sedikit. Saya termasuk orang yang tidak bertingkat.

Howhaw #98: Yang Cuma Mau Belajar Ilmu Yang Disukai Itu Bodoh

Respons: 12 comments
Assalamu’alaikum....

Kalian pasti pernah mikir gini, ‘Coba sekolah itu mengajar yang sesuai yang kita sukai saja, jadi kita bisa belajar lebih baik dan menjadi orang sukses ke depannya karena sudah dipersiapkan sejak dini.’

Saya beri tahu, orang yang berpikir dan beralasan begitu sebenarnya adalah orang yang bodoh, membenci ilmu tapi tak mau mengaku karena malu tapi ingin dianggap keren. Sukses? Mungkin. Bahagia? Belum tentu.

Howhaw #97: Kebenaran di Balik Pengusiran Adam dan Hawa dari Surga

Respons: 18 comments
Assalamu’alaikum....

Di hari wanita internasional ini, yang saya ga begitu tau itu hari apaan, saya berharap para wanita tidak hanya bangga menjadi dirinya tapi juga bangga karena bisa menjaga diri. Amin.

“Haw, itu tulisannya bukan begitu, seharusnya ‘aamiin’.”

Howhaw #96: Penyebab Cinta Tak Terbalas

Respons: 20 comments
Assalamu’alaikum...

Saat ini budaya perpacaran menjadi tren yang melanda setiap orang. Banyak orang berpacaran bukan karena suka sama suka melainkan karena ngikut tren aja. Makanya sering kita lihat orang selalu bertengkar padahal mereka berpacaran. Dapat disimpulkan, punya pacar tidak menjamin kebahagiaan, apalagi yang nggak. *nangis di pojokan*

Howhaw #95: Perilaku Reliciyus

Respons: 18 comments
Assalamu’alaikum....

Kalian ga salah lihat kok dan saya juga ga salah ketik. Judul postingan ini emang ‘... reliciyus’ yang menunjukkan kepada pelaku alay dalam hal peribadatan atau tingkah sehari-hari yang dilebih-lebihkan seolah dirinya makhluk yang taat. Dari dulu saya sudah menganggap bahwa lingkungan pergaulan saat ini sudah mulai tidak baik. Hal tersebut dapat terlihat dari pujian seseorang terhadap orang lain yang dianggapnya hebat. Misalnya saat kalian keluar dari masjid, dibilang orang yang taat. Kalian menolong nenek menyeberang jalan, dibilang berhati mulya. Dan kalian tidak mau bersentuhan kulit lawan jenis, dibilang pasangan idaman.

Howhaw #94: Perempuan Tua Pemungut Daun

Respons: 0 comments
#Cerita masyarakat di Madura (cover version dari "Rindu Rosul", karangan Jalaluddin Rakhmat, penerbit Rosda Bandung,  hal 31-33. cetakan pertama September 2001)

“Huh...huh...huh...huh...huh...”
Nafasku terengah-engah di bawah terik matahari. Akhir-akhir ini cuaca di desaku ini memang terasa semakin panas. Tak hanya karena desaku terletak di bawah garis khatulistiwa, melainkan ada hal lain yang memengaruhinya, kata guru geografi itu dikarenakan pemanasan global. Dia menerangkan bahwa pemanasan global terjadi karena banyaknya karbon dioksida yang terkumpul di atmosfer dan memicu panas matahari. Di media-media saat ini pun sering digempar-gemporkan mengenai pemanasan global, namun hanya sedikit yang mau menindaklanjutinya.

Howhaw #93: Masih Mau Buka Usaha Setelah Baca Cerita Ini?

Respons: 8 comments
Assalamu’alaikum...


Dalam menjalankan dunia perkuliahan, selain mencari ilmu, mengasah skill, berorganisasi, ngejar-ngejar dosen, nyari gebetan, atau numpang toilet kampus buat mandi, kita juga dituntut untuk tetap hidup sejahtera. Wabil khusus mahasiswa rantau, agar tidak sengsara dalam menempuh pendidikan di kesehariannya. Seperti kita tau, kebanyakan orang yang merantau mengandalkan biaya kiriman dari orang tua. Kiriman tersebut biasanya terjadi di awal bulan, namun jika di awal bulan tidak terdapat kiriman, tenang saja, di akhir bulan juga belum tentu ada kok. *miris*

Howhaw #92: Lima Mental Cowok yang Harus Dijauhi

Respons: 18 comments
Assalamu’alaikum....

Selamat malam sobat. Hadirin hadirat. Yang dari toko kain maupun dari toko obat. Yang baru kawin maupun baru sunat. Pada kesempatan menulis kali ini, saya ingin memberikan info kepada para perempuan dalam memilih pasangan. Sebagai info awal, kami para laki-laki tidaklah semuanya sama seperti yang sering kalian tuduhkan.  Tetapi tuduhan kalian juga tidak sepenuhnya salah, karena dalam kondisi tertentu, kami para lelaki bisa dibilang sama.

Howhaw #91: Malaikat Tak Berakyat

Respons: 6 comments
Assalamu’alaikum...

Sebentar lagi pemilihan umum bakal diadakan untuk menentukan wakil-wakil rakyat dan pemimpin rakyat selama 5 tahun mendatang. Sebagai warga yang terlalu baik, saya juga harus ikut memberikan suara dalam penentuan tersebut. *Ga percaya kalo saya ini terlalu baik? Tanya sama gebetan yang pernah saya tembak sana* Dalam penentuan pemimpin, saya ga pernah golput, karena bagi saya golput itu haram.

Howhaw #90: Belajar dari Jenis Bakso

Respons: 12 comments
Assalamu’alaikum...

Udah lama saya ga nonton TV, sejak iklan mie bakso baru muncul hingga iklan mie bakso masih ada. *Lah...* Saya suka aja ngeliat iklannya, ‘bakso...bakso....’. Hampir setiap saya ngelihat acara TV, ada aja iklan ini. Bikin saya ingat ama gebetan.

Howhaw #89: Tak Perlu Menghilangkan Kolom Agama di KTP untuk Mengurangi Diskriminasi

Respons: 18 comments
Assalamu’alaikum....

Pertengahan bulan Desember tahun kemarin, saya denger isu tentang penghapusan agama di KTP. Hal ini direncanakan untuk menghindari diskriminasi terhadap seseorang yang diakibatkan status agamanya. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa agama merupakan urusan pribadi yang hubungannya cuma dengan Tuhan, sehingga menurut mereka tidak perlulah agama dicantumkan di dalam KTP.

Howhaw #88: Valentine-ku Senikmat Kotoran Kucing

Respons: 10 comments
Assalamu’alaikum...

Sebelumnya saya ucapkan semoga warga yang terkena dampak letusan gunung Kelud diberi ketabahan, kekuatan untuk bertahan serta diberikan makanan dan kebutuhan lain yang diperlukan. Karena letusan gunung tersebut, mulailah beredar isu-isu dibalik letusan gunung.
‘itu azab’
‘itu ujian’
‘itu teguran’
‘itu larangan valentine’.

Howhaw #87: Target Tahun 2014

Respons: 8 comments
Assalamu’alaikum....

Tahun baru....sebenarnya ga ada apa-apa sih, semua tetap biasa-biasa saja. Matahari terbit siang, bulan terbit malam, air laut rasanya asin, air susu rasanya manis, muka saya juga tetap manis, kambing tetap mengembik, ayam tetap berkokok, dan gebetan masih tetap jadian dengan teman. Tahun baruan kemaren, pemerintah bagi-bagiin kondom, buat apa coba? Itukan sama saja nyuruh sex bebas. Katanya buat mencegah penyebaran aids. Aids belum tentu nyebar, moral anak mudanya dah pasti hancur. *keren ga?*

Howhaw #86: Pernah Lihat Jamban yang Isinya Begini?

Respons: 10 comments
Assalamu'alaikum...

Dulu saya pernah membuat tulisan tentang toilet/jamban. Sekarang saya akan mereview lagi tentang jamban, tapi jamban ini isinya beda. Kalo kalian melihat jamban-jamban yang terdapat di daerah kalian, saya yakin seratus persen, kalian ga bakal mau lagi ngelihat isinya. Apalagi ngubek-ngubek. Tapi jamban yang akan saya review merupakan jamban yang beda dari jamban-jamban itu, yang bau itu, yang ga ada airnya itu, yang ga ada gayungnya itu, yang ga ada pintunya itu, dan ga ada atapnya itu. Jamban ini isinya keren, bisa bikin kalian ketagihan.



Howhaw #85: Hal-Hal Baik yang Bisa Dipelajari dari Game Flappy Bird

Respons: 16 comments
Assalamu'alaikum....

Beberapa hari terakhir, game ini semakin marak dibicarakan. Awalnya hanya tweet singkat dari teman yang nyoba, artis yang nyoba, pacar yang nyoba, kakak yang nyoba, adik yang nyoba, pokoknya dari semua yang nyoba *hidup emang penuh dengan cobaan* dan akhirnya kita ikut-ikutan nyoba. Alhasil, 'Anjrit' 'Kampret' 'Sial' '(banting hape)' dan coba main lagi. Hampir semua reaksi orang yang bermain game ini begitu *begimana?* emosi dan mencaci maki.

Howhaw #84: Pacaran Level Bisnis; Pacaran yang Menghasilkan Uang

Respons: 8 comments
Assalamu'alaikum.....


Gimana kabarnya? semoga Rapopo ya.... trus, pacarnya temen masih sering sms? sabar aja, ntar mereka juga putus.... udah jangan mikirin pacaran mulu, sekali-kali ikutan temen kita yang sedang getol-getolnya menjalankan bisnis, supaya dapat tambahan penghasilan, kan lumayan buat nraktir pacar. *ghlekkk* Eh iya lupa, kan pacarnya masih jadian ama temen....


Howhaw #83: Antara Simpati dan Empati

Respons: 4 comments
Assalamu'alaikum...


"Bulan pertama di awal tahun ini banyak terjadi hal yang mengaharuskan setiap orang untuk bersabar dan saling membantu. Mulai dari hujan berhari-hari, air kali lalu meninggi. Meluap dan banjir terjadi.

Howhaw #82: Cara Mendapatkan dan Menikmati Perempuan

Respons: 10 comments
Assalamu'alaikum....


Iya, judul postingan saya kali ini memang terdengar kasar. Seolah para kaum hawa itu merupakan makanan yang diolah dengan cara tertentu. Kalian mungkin juga berfikir, saya berpengalaman dalam menikmati perempuan?

Howhaw #81: Alasan Nyeleneh Orang Mau Berpacaran

Respons: 19 comments
Assalamu'alaikum....

Sebelumnya saya pernah bikin tulisan 'alasan nyeleneh orang belum berpacaran' dengan pertanyaan 'kok belum punya pacar?'. Sekarang kita balik tanya kepada mereka,'Kok kamu pacaran sih?'
Dalam tulisan ini, saya mengambil referensi dari buku merah jambu tapi ga pake marmut. yang ditulis oleh Ustad. Tau donk yang mana bukunya. Udah... Putusin aja....

Howhaw #80: Alasan Nyeleneh Orang Tidak Mau Berpacaran

Respons: 8 comments
Assalamu'alaikum....

Sebagai remaja *memangnya masih?* pasti beberapa kali sering ditanyain oleh orang lain:
'Pacarnya mana?'
'Kok belum punya pacar?'
'Truk aja gandengan, kok Om gak?'
Dan untuk ngejawabnya, hanya bisa dengan memberikan senyuman pahit.... #hemmh...
Selain senyum, buat ngejawab pertanyaan seperti itu biasanya saya jawab, 'ga ada', 'belum punya', 'belum laku' 'lagian truk gandeng juga kalo udah dipake bakal ditinggal kok'.


Powered by Google | Blogger | ASR

Copyright © Production Haws

Designed By: Muhammad Habib Effendi