Identifikasi Pengaruh Arsitektur Terhadap Kiamat (bag. I)

Assalamu'alaikum…

Kali ini saya ingin membagikan tulisan mengenai pengaruh arsitektur terhadap kiamat. Tulisannya dibuat seperti karya ilmiah agar lebih meyakinkan. heheheh....

Tulisan ini selesai berkat Mentoring kang Reza tentang topik kiamatnya. Terima kasih kang...

Bab I Pendahuluan

A.  Latar Belakang Masalah
Munculnya topik untuk makalah ini, dilatari oleh banyaknya permasalahan di dunia. Terdapat kontradiksi antara bidang yang sedang saya tekuni, yakni arsitektur dengan agama yang saya anut, yaitu Islam. Hingga saat ini, arsitektur mengajarkan saya tentang keindahan, kenyamanan, pelayanan untuk orang lain, dan perlindungan.

Islam pun seperti itu, ada kedamaian, kebahagiaan, kesejahteraan, dan kenikmatan yang ditawarkan oleh Islam. Bedanya, arsitektur hanya dapat dirasakan di dunia, sedangkan Islam mampu memberikan hal-hal tersebut hingga di akhirat kelak. Amin.

Semua itu menenangkan saya, hingga ditemukannya sebuah hadits shahih mengenai tanda-tanda kiamat. Di artikel tersebut dicantumkan bahwa salah satu tandanya adalah semakin banyaknya pendirian bangunan di dunia. Tentu hal ini sangat kontradiktif. Mungkin ada yang salah. Untuk mengetahui jawabannya, maka saya mencoba membuat makalah ini.

B. Rumusan Masalah dan Batasannya
 Allah SWT telah berfirman:

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi.” (Q.S. Ali Imran: 85)

Itu berarti yang salah bukan Islam, lalu apabila arsitektur yang salah, dimanakah kesalahannya? Agar lebih fokus, saya memberikan ruang lingkup untuk pembahasan makalah ini hanya pada sisi arsitektur saja (dengan penjelasan tentang kiamat sebagai awalan).

C. Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan jawaban mengenai tanda-tanda kiamat yang salah satunya adalah semakin banyaknya bangunan-bangunan megah di bumi. Semoga dengan makalah ini, yang ngebaca menjadi memiliki pemikiran yang komprehensif tentang Islam. Serta bagi yang berprofesi sebagai arsitek atau calon arsitek, bisa menjadi arsitek yang berafiliasi terhadap Islam dan bisa menjalankan amanahnya sebagai khalifah di muka bumi.

D. Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Data-data yang disajikan dalam makalah ini merupakan hasil dari pengolahan informasi-informasi yang didapat melalui internet dan bangku perkuliahan.

E. Sistematika Penulisan 
Bab I   Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah dan Batasannya
C. Tujuan dan Manfaat Sayaan
D. Metode dan Teknik Pengumpulan Data
E. Sistematika Sayaan

Bab II Tentang Kiamat
A. Kepastian Hari Kiamat
B. Tanda-Tanda Hari Kiamat
C. Kejadian Hari Kiamat
D. Pascakiamat

Bab III Penentu Terjadinya Kiamat Salah Satunya Adalah Arsitek
A. Tugas Manusia
B. Arsitektur dalam Alquran
C. Hubungan Arsitek dengan Kiamat
D. Penjelasan Ilmiah Banyak Bangunan Menjadi Tanda-Tanda Kiamat
E. Larangan Bermegah-Megahan

Bab IV Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran

Previous Post
Next Post

Oleh:

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Identifikasi Pengaruh Arsitektur Terhadap Kiamat (bag. I) Apabila ada pertanyaan atau keperluan kerja sama, hubungi saya melalui kontak di menu bar, atau melalui surel: how.hawadis@gmail.com

0 Comments:

--Berkomentarlah dengan baik, sopan, nyambung dan pengertian. Kan, lumayan bisa diajak jadian~